Pengaruh model pembelajaran reflektif berbantu media animasi terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas viii

Kartika, Cindy (2022) Pengaruh model pembelajaran reflektif berbantu media animasi terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas viii. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI CINDY KARTIKA - 1701140492.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada hasil observasi di SMPN 12 Palangka Raya diketahui bahwa sistem pembelajaran IPA yang masih kurang maksimal, siswa yang cenderung diam, tidak aktif dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reflektif berbantu media animasi terhadap : (1) Keterampilan berpikir kritis, dan (2) Hasil belajar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 12 Palangkaraya tahun pelajaran 2021-2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, sampel yang terpilih adalah VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran reflektif berbantu media animasi pada materi sistem pencernaan manusia terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, (2) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran reflektif berbantu media animasi pada sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar siswa.

ABSTRACT

This research is based on the results of observations at SMPN 12 Palangka Raya, it is known that the science learning system is still not optimal, students tend to be silent, inactive and less involved in the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of reflective learning models assisted by animation media on: (1) critical thinking skills, and (2) learning outcomes.

This type of research is quantitative research using quasi-experimental or quasi-experimental methods with the research design used is Pretest-Postest Control Group Design . The population in this study were students of class VIII SMPN 12 Palangkaraya for the academic year 2021-2022. Sampling was done by random sampling technique, the selected sample was VIII-1 as the experimental class and class VIII-2 as the control class.

The results revealed that: (1) There is the effect of reflective learning model assisted by animation media on human digestive system material on the critical thinking skills of learners, (2) There is no effect of reflective learning model assisted by animation media on human digestive system on learners learning outcomes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Reflektif
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Jan 2024 01:26
Last Modified: 08 Jan 2024 01:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item