Humaidi, Humaidi (2022) Praktik menaikkan harga oleh calo pada jual beli mobil bekas di Showroom Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Humaidi & 1802130214.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penilitian ini dilatarbelakangi oleh calo yang diketahui menaikkan harga pada jual beli mobil bekas di showroom Kota Palangka Raya. Fokus permasalahan pada penelitian ini ada dua. Pertama, praktik menaikkan harga yang dilakukan oleh calo pada jual beli mobil bekas. Kedua, perspektif hukum Islam mengenai kegiatan menaikkan harga oleh calo pada jual beli mobil bekas. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian hukum empiris dengan tipe yuridis sosiologis. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian, pembeli minta tolong kepada calo untuk mencari mobil yang diinginkan. Calo tidak di kontrak oleh pihak showroom. Praktik menaikkan harga dilakukan dengan cara membuat kwitansi baru dengan memperhatikan beberapa kriteria calon pembeli yang dapat dilakukan praktik menaikkan harga. Praktik menaikkan harga oleh calo dilihat dari teori tindakan sosial, motif dan tujuan calo untuk mendapatkan keuntungan lebih dengan tujuan dapat mencukupi kebutuhan. Perspektif hukum Islam mengenai praktik menaikkan harga oleh calo bertentangan dengan nas al Qur’an dan hadis larangan berbohong karena pada praktik menaikkan harga terdapat sebuah kebohongan. Dilihat dari teori mashalahah praktik menaikkan harga juga lebih banyak mendatangkan kemudharatan dan teori qawaid fiqhiyyah hukum asal jual beli adalah mubah sebelum ada dalil yang melarang nya. Kesimpulan praktik menaikkan harga oleh calo merupakan kegiatan kurang baik untuk dilakukan karena terdapat unsur kebohongan dalam penyampaian harga kepada pembeli yang diperkuat dengan nas al Quran dan hadis larangan berbohong.
ABSTRACT
This research is motivated by brokers who are known increase the price of buy and sell used cars at the showroom in Palangka Raya. There are two focus problems in this research. First, the practice of raising the price by brokers in buy and sell used cars. Second, the perspective of Islamic law about the activities of raising the price by brokers in buy and sell used cars. The research method used by the researcher is qualitative research with the type of empirical legal research with sociological juridical type. This research uses data triangulation techniques namely interviews, documentation and observation.
The results of the study, the buyer asked brokers for help to find the desired car. The brokers were not contracted by the showroom. The practice of raising the price was carried out by the brokers made a new receipt with looking the several criteria of the buyer. The practice of raising the price by brokers was seen from the theory of social action, the motives and goals of brokers were to get more profit to fulfill needs. The perspective of Islamic law about the practice of raising price by brokers contradicts with the al-Quran and hadith, because in the practice of raising price it was a lie. Seen from the theory of mashlahah, the practice of raising the price also brought more harm and the theory of qawaid Fiqhiyyah, the law of origin of buy and sell was permissible before there was a proposition that prohibits it. The conclusion is the practice of raising price by brokers is not a good activity to do because there is a lying in the delivery the price to buyers which is reinforced by the al-Quran and the hadith prohibition of lying.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jual beli; barang bekas; hukum ekonomi syariah |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Syariah > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 16 Dec 2023 02:48 |
Last Modified: | 16 Dec 2023 02:48 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5144 |
Actions (login required)
View Item |