Upaya guru untuk meningkatkan motivasi siswa melalui proses Pembelajaran PAI Kelas VII di SMPN-5 Lahei Barat Kabupaten Barito Utara

Ermayanti, Ermayanti (2016) Upaya guru untuk meningkatkan motivasi siswa melalui proses Pembelajaran PAI Kelas VII di SMPN-5 Lahei Barat Kabupaten Barito Utara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Erma.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

Upaya guru untuk meningkatkan motivasi siswa melalui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMPN-5 Lahei Barat Kabupaten Barito Utara untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan guru perlu upaya yang mendorong keberhasilan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pemberian motivasi melalui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN-5 Kecamatan Lahei Barat Kabupaten Barito Utara (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pemberian motivasi melalui proses pembelajaran PAIdi SMPN-5 Kecamatan Lahei Barat Kabupaten Barito Utara. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pemberian motivasi melalui proses pembelajaran PAIdi SMPN-5 Kecamatan Lahei Barat Kabupaten Barito Utara; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pemberian motivasi melalui proses pembelajaran PAIdi SMPN-5 Kecamatan Lahei Barat Kabupaten Barito Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitiannya adalah 1 orang guru PAI dan informannya adalah 4 orang siswa SMPN-5 Lahei Barat. Penggalian data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan triangulasi, analisis data dilakukan dengan cara data collection, data reduction, data display, dan drawing.

Hasil penelitiannya adalah pemberian motivasi pada proses pembelajaran PAI di SMPN-5 Kecamatan LaheiBarat Kabupaten Barito Utara yang dilakukan oleh guru SU sudah terlaksanakan. Adapun motivasi yang diberikan oleh guru SU pada saat pembelajaran materi tentang Iman Kepada Allah adalah jenis ekstrinsik yaitu kompetisi/saingan melalui pemberian tugas individu maupun kelompok, membagikan hasil tugas siswa, dan memberikan dorongan kepada siswa agar senantiasa belajar. Strategi dalam pemberian motivasi yang diberikan oleh guru SU dilakukan dengan bentuk pemberian angka/poin dalam pembelajaran, pemberian hadiah, dan pemberian hukuman. Adapun faktor pendukung pendukung guru mata pelajaran PAI dalam memotivasi peserta didik yakni adanya keinginan dari siswa untuk belajar, siswa terlihat antusias dalam menerima pelajaran, dan lingkungan yang bersih. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya fasilitas seperti media yang minim pengadaannya. Selain itu minimnya jam pelajaran hanya 2 jam pelajaran dalam seminggu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru; motivasi; Efforts teacher; student motivation; pembelajaran; learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 28 Apr 2017 04:41
Last Modified: 28 Apr 2017 04:41
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item