Gupa, Sanana (2022) Pen¬garuh kepatuhan syariah dan banking service quality terhadap kepuasan nasabah studi pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 1. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI SANANA GUPA & 1704110179.pdf Download (2MB) |
Abstract
Bank syariah adalah lembaga yang memberikan pelayanan jasa, harus memberikan pelayanan yang terbaik agar bisa menang dalam persaingan yang semakin ketat dan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepatuhan syariah terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palanga Raya 1, pengaruh banking service quality terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palanga Raya 1, pengaruh kepatuhan syariah dan banking service quality secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palanga Raya 1. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan non probality sampling dengan metode sampling insidental dengan Jumlah sampel yaitu 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kepatuhan syariah berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah sebesar 13 %, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.222 dengan nilai signifikan sebesar 0.001 < 0.05. banking service quality berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah sebesar 22%, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.153 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05. kepatuhan syariah dan banking service quality secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah sebesar 35%, dengan nilai Fhitung sebesar 25.489 dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0.05. Semakin baik kepatuhan syariah dan banking service quality yang diberikan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palanga Raya 1, maka kepuasan nasabah juga meningkat.
ABSTRACT
Syariah bank is an institution that gives services, it must give best service to win in tight competition and become competitive. The research objectives were to know the effect of sharia compliance to customer satisfactionin in Bank Syariah Indonesia Branch Office Palangka Raya 1, the effect of banking service quality to customer satisfaction in Bank Syariah Indonesia Branch Office Palangka Raya 1, and also to know the effect of sharia compliance and banking service quality on customer satisfaction simultaneously in Bank Syariah Indonesia Branch Office Palangka Raya 1. This research applied quantitative method. This research also applied non-probability sampling and sampling incidental method with total sample were 97 respondents. Data analysis technique applied multiple linear regression in SPSS program 22 version.
The results showed that: sharia compliance had positive effect to customer satisfaction in total 13%, with a regression coefficient value was 0.222 that meant significant value was 0.001 < 0.05. Banking service quality had positive effect to customer satisfaction in total 22%, with a regression coefficient value was 0.153 that meant significant value of 0.000 < 0.05. Sharia compliance and banking service quality simultaneously had significant effect to customer satisfaction in total 35%, with Fobserved was 25,489 and significant value was 0.000 < 0.05. The better sharia compliance and banking service quality given by Bank Syariah Indonesia Branch Office Palangka Raya 1, it also increases customer satisfaction
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Nasabah; Bank Syariah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 07:31 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 07:31 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5102 |
Actions (login required)
View Item |