Strategi pemasaran baitul mal wat tamwil usaha gabungan terpadu Sidogiri Samuda

Paulina, Nuvia (2022) Strategi pemasaran baitul mal wat tamwil usaha gabungan terpadu Sidogiri Samuda. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI NUVIA PAULINA-1704110133.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan perbankan yang sangat pesat di Kotawaringin Timur menjadikan semua lembaga keuangan bersaing dengan ketat. Semakin bertambahnya perkembangan perekonomian di negara Indonesia ini menyebabkan setiap lembaga keuangan syariah dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Berdasarkan fakta dan data dilapangan bahwa BMT UGT Sidogiri Samuda mengalami kesulitan dalam meningkatkan jumlah nasabahnya, oleh karena itu strategi pemasaran sangat penting dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah. BMT UGT Sidogiri Samuda adalah satu-satunya lembaga keuangan syariah yang berada di Samuda dan menjadi peluang besar bagi BMT tersebut untuk meningkatkan strategi pemasarannya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui jumlah nasabah dari tahun ke tahun di BMT UGT Sidogiri Samuda, 2) mengetahui strategi pemasaran BMT UGT Sidogiri Samuda.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Samuda, subjek penelitian ada tiga yaitu HRD dan dua karyawan di bidang marketing. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik pengabsahan data dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teori, kemudian teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Jumlah nasabah dari tahun ke tahun di BMT UGT Sidogiri Samuda berdasarkan dari hasil data laporan RAT terjadinya naik turun jumlah nasabah setiap tahunnya, 2) strategi pemasaran yang dilakukan BMT UGT Sidogiri Samuda yaitu dengan cara menerapkan STP dan bauran pemasaran yang terdiri dari 7P dengan cara menggunakan strategi periklanan, jemput bola dan layanan telepon/whatsapp. Berdasarkan penelitian bahwa BMT UGT Sidogiri Samuda belum tepat dalam menerapkan strategi promosi karena BMT tersebut sangat jarang melakukan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat Samuda. Oleh karena itu BMT tersebut harus meningkatkan kegiatan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat Samuda.

ABSTRACT

The very rapid development of banking in East Kotawaringin has made all financial institutions compete fiercely. The increasing development of the economy in Indonesia has caused every Islamic financial institution to be more creative and innovative. Based on the facts and data in the field that BMT UGT Sidogiri Samuda has difficulty in increasing the number of its customers, therefore marketing strategy is very important in an effort to increase the number of customers. BMT UGT Sidogiri Samuda is the only Islamic financial institution in Samuda and is a great opportunity for the BMT to improve its marketing strategy. Based on the background of the problem, this study aims to 1) determine the number of customers from year to year at BMT UGT Sidogiri Samuda, 2) find out the marketing strategy of BMT UGT Sidogiri Samuda.

This research is a qualitative research conducted at BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Samuda, there are three research subjects namely HRD and two employees in the field of marketing. Data collection techniques used observation, interviews and documentation, data validation techniques with triangulation techniques, namely triangulation of sources and theories, then data analysis techniques namely data collection, data reduction, data presentation and data verification.

The results showed that 1) the number of customers from year to year at BMT UGT Sidogiri Samuda based on the results of the RAT report data on the occurrence of ups and downs in the number of customers each year, 2) the marketing strategy carried out by BMT UGT Sidogiri Samuda was by implementing STP and a marketing mix that consists of 7Ps by using advertising strategies, pick up the ball and telephone/whatsapp services. Based on the research that BMT UGT Sidogiri Samuda has not been appropriate in implementing the promotion strategy because the BMT rarely does promotion and socialization to the people of Samuda. Therefore, the BMT must increase its promotion and outreach activities to the Samuda community.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Baitul Mal Wat Tamwil (BMT)
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:28
Last Modified: 12 Dec 2023 07:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5101

Actions (login required)

View Item View Item