Nisa, Barakatun (2016) Penggunaan media 3 dimensi non proyektable (model) materi tatacara penyelenggaraan jenazah Kelas XI anak tunagrahita SLBN-1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
SKRIPSI B.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan guru dalam pembelajaran PAI pada praktek tatacara penyelenggaraan jenazah ditentukan oleh penggunaan media yang sesuai dengan pembelajaran salah satunya media 3 dimensi non proyektable (model). Mengingat betapa pentingnya hal tersebut, maka penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian ini, sehingga focus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media 3 dimensi non proyektable (model) materi tatacara penyelenggaraan jenazah kelas XI anak tunagrahita SLBN-1 Palangka Raya? Bagaiamana kendala atau kesulitan yang dihadapi guru dalam penggunaan media 3 dimensi non proyektable (model) materi tatacara penyelenggaraan jenazah kelas XI anak tunagrahita SLBN-1 Palangka Raya?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dalam waktu 2 bulan (dua) bulan, subjek penelitian adalah seorang guru PAI yang mengajar pada kelas XI anak tunagrahita, sedangkan objek penelitian adalah penggunaan media 3 dimensi non proyektable (model). Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Bentuk pengabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi dengan sumber lain. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan 3 tahapan yaitu tahap reduction, (pengurangan data), display (menampilkan data), dan conclution (menarik kesimpulan dari data yang diperoleh).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media 3 dimensi non proyektable (model) materi tatacara penyelenggaraan jenazah kelas XI anak tunagrahita SLBN-1 Palangka Raya, sudah berjalan dengan baik, hal ini berdasarkan pada adanya realita bahwa saat pembelajaran tatacara penyelenggaraan jenazah guru benar menggunakan media 3 dimensi non proyektable (model) yang berbentuk boneka (2) kendala atau kesulitan yang dihadapi guru dalam penggunaan media 3 dimensi non proyektable (model) saat memandikan jenazah : boneka susah digerakkan karena terbuat dari pelastik, saat mengkafankan jenazah : bentuk boneka yang terlalu kecil membuat anak murid susah untuk mengikat tali pengikat karena jarak terlalu mepet, saat menshalatkan jenazah ; kurang lancarnya anak saat melafaskan niat dan bacaan shalat karena anak tungrahita, harus dengan tuntunan dan bimbingan dari gurunya, saat menguburkan jenazah : tidak adanya media pendukung lain seperti keranda atau kotak kardus sebagai contoh alat penguburan sehingga guru hanya menjelaskan dari materi nya saja.
ABSTRACT
The success of Islamic Studies teacher in teaching the students the corpse caring procedures determined by the use of appropriate media. One of the media was non-projectable 3 dimension media (model). From discussion above, the writer interested in conducting the research, so the research focuses were; to determine how to use non-projectable three dimensions media on corpse caring procedures at grade XI Mentally Disabled Students in SLBN-1 Palangkaraya? How was constraint or difficulty faced by teachers in the use of non-projectable 3 dimension media on corpse caring procedure materials at grade XI Mentally Disabled Students in SLBN-1 Palangkaraya?
This research was a field research using qualitative descriptive, it was conducted for 2 months, the research subject was an Islamic Studies teacher who taught at grade XI mentally disable students, while the object of research was the use of non-projectable 3 dimension media (Model). Data collections were observation, interview and documentation. The validation of data used triangulation technique. The data analyses were data collection, data reduction, data display and conclusion drawing.
The results showed that (1) the use of non-projectable 3 dimension on corpse caring procedures materials at grade XI mentally disabled students in SLBN-1 Palangkaraya has implemented well, it is based on the reality that during the learning corpse caring procedures, the teacher use d a doll. (2) constraints or difficulties faced by teachers in the use of non-projectable three dimensions media when bathing the corpse: a stuffed hard-moved because it is made of a plastic, when shrouded the corpse: the small form of doll, it made the student ties the straps difficulty. When doing prayer, the students did not fluently in reciting the intension; the teacher should guide the student directly., when corpse burial there were no supporting facilities such as casket or a cardboard box as example of a burying tools so the teacher only explained the materials only.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan; media 3 dimensi non proyektable (model); tatacara penyelengaraan jenazah; tunagrahita; corpse caring procedures, disability |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 01:57 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 01:57 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/510 |
Actions (login required)
View Item |