Febrianti, Ega (2022) Pengaruh pengetahuan, religiusitas, dan faktor pribadi terhadap keputusan mahasiswa menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI Ega Febrianti 1804110308.pdf Download (2MB) |
Abstract
Bank Syariah Indonesia merupakan hasil merger 3 bank syariah BUMN, yakni PT Bank BRI Syariah, PT Bank Mandiri Syariah, dan PT Bank BNI Syariah. Bank Syariah Indonesia telah mampu menjadi salah satu Bank terbaik yakni masuk di 5 bank terbaik menurut majalah forbes. Meningkatnya perkembangan Bank Syariah tidak terlepas dari perilaku konsumen dan keputusan menjadi nasabah BSI sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas dan faktor pribadi terhadap keputusan mahasiswa menjadi nasabah BSI di kota Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang didapatkan melalui kuesioner yang dibagikan secara (ofline) kepada mahasiswa yang menjadi nasabah BSI di kota Palangka Raya. Berdasarkan sampel yang berjumlah 98 responden.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil analisis yang menunjukkan bahwa variabel pengetahuan memiliki pengaruh negatif dan signifikansi dengan nilai t hitung sebesar -3,426 signifikansi 0,001, variabel religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikansi dengan nilai t hitung sebesar 2,564 signifikansi 0,012. Variabel faktor pribadi memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan nilai t hitung 6,694 signifikansi 0,000. Sedangkan secara simultan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti variabel pengetahuan, religiusitas dan faktor pribadi memiliki pengaruh signifikan secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan mahasiswa menjadi nasabah BSI.
ABSTRACT
Bank Syariah Indonesia was the result of the merger of 3 state-owned Islamic banks, namely PT Bank BRI Syariah, PT Bank Mandiri Syariah, and PT Bank BNI Syariah. Bank Syariah Indonesia has been able to become one of the best banks by being included in the 5 best banks according to Forbes magazine. The increasing development of Islamic banks is inseparable from consumer behavior and decisions to become BSI customers, so this study aims to determine the influence of knowledge, religiosity and personal factors on students' decisions to become BSI customers in the city of Palangka Raya.
This study use a descriptive quantitative approach using purposive sampling technique. The data used in this study are primary data obtained through questionnaires distributed offline to students who are BSI customers in the city of Palangka Raya. Based on a sample of 98 respondents.
The results of this study can be concluded that the results of the analysis show that the knowledge variable has a negative and significant effect with a t-count value of -3.426, a significance of 0.001, the religiosity variable has a positive and significant influence with a t-count value of 2.564, a significance of 0.012. The personal factor variable has a positive and significant effect with a t-value of 6.694, a significance of 0.000. Meanwhile, simultaneously has a significance value of 0.000, which means that the variables of knowledge, religiosity and personal factors have a significant influence partially and simultaneously on student decisions to become BSI customers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bank Syariah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:47 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:47 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5093 |
Actions (login required)
View Item |