Rahmah, Aulivia (2022) Pengaruh etika pemasaran islam dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah menggunakan produk Bank Syariah Indonesia Kc Kuala Kapuas. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI Aulivia Rahmah & 1804110307.pdf Download (2MB) |
Abstract
Etika Pemasaran merupakan serangkaian kegiatan dalam merencanakan produk, mempromusikan dan mendistribusikan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah, dimana kegiatan keseluruhan tersebut berlandaskan nilai-nilai etika islam. Kualitas pelayanan adalah usaha memenuhi kebutuhan orang lain yang kegiatanya menawarkan sebuah jasa oleh organisasi atau perorangan kepada nasabah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan etika pemasaran Islam dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah menggunakan produk Bank Syariah Indonesia KC Kuala Kapuas; 2) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan etika pemasaran Islam terhadap minat nasabah menggunakan produk Bank Syariah Indonesia KC Kuala Kapuas; 3) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah menggunakan produk Bank Syariah Indonesia KC Kuala Kapuas;
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto dengan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika pemasaran Islam dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat nasabah dengan hasil 0,572. Etika Pemasaran Islam berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat nasabah dengan hasil 0,122 . Kualitas Pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat nasabah dengan hasil 0,270. Hasil yang didapatkan dari uji F sebesar 67,081 maka sesuai dengan kriteria uji F tersebut maka Ha diterima. Hal ini berarti terdapat variabel etika pemasaran Islam dan kualitas pelayanan secara serentak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah Bank Syariah Indonesia KC Kuala Kapuas.
ABSTRACT
Marketing Ethics is a series of activities in planning products, promulgating and distributing products that are in accordance with the needs and desires of customers, where the overall activity is based on Islamic ethical values. Service quality is an effort to meet the needs of others whose activities offer a service by an organization or individual to customers. The formulation of the problems in this study are 1) There is a positive and significant influence of Islamic marketing ethics on customer interest in using Bank Syariah Indonesia KC Kuala Kapuas products;
2) There is a positive and significant influence of service quality on customer interest in using Bank Syariah Indonesia KC Kuala Kapuas products; 3) Whether there is a positive and significant influence of Islamic marketing ethics and service quality on customer interest in using Bank Syariah Indonesia KC Kuala Kapuas products.
This research uses a quantitative approach with expost facto types of research data collection methods in this study using questionnaires and documentation. The population in this study amounted to 100 people. The data analysis technique used in this study was multiple linear regression analysis using SPSS 25.
These results show that Islamic marketing ethics (X1) has a significant effect on customer interest (Y) the result of colleration (R) is 0.572. The quality of service (X2) has a significant effect on customer interest (Y) the result of the choleration (R) is 0.122 Islamic marketing ethics (X1) and Service quality (X2) have a significant effect on customer interest (Y) the result of the coefficient of determination (R2) which is 0,270 which contains the understanding that the free variables namely (Islamic marketing ethics and service quality) have an influence of 66.9% on the bound variables namely (customer interest) while the remaining 76.2% is influenced by other variables. The results obtained from the F test were 67,081, so according to the F test criteria, Ha was accepted. This means that there are variables in Islamic marketing ethics and service quality simultaneously have a positive or significant effect on the interest of Bank Syariah Indonesia customers KC Kuala Kapuas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Pemasaran Islam; Kualitas Pelayanan |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:03 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:16 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5090 |
Actions (login required)
View Item |