Agustin, Misnawati (2022) Pengaruh internet banking dan short message service banking terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia Kc 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI Misnawati Agustin & 1804110257.pdf Download (2MB) |
Abstract
Internet banking adalah layanan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet karena merupakan kegiatan perbankan yang memanfaatkan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi dan mendapatkan informasi lainnya melalui website milik bank. Kegiatan ini menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau penghubung antara nasabah dengan bank tanpa harus mendatangi kantor bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis layanan internet banking terhadap kepuasan nasabah, dan untuk menganalisis pengaruh layanan short massage service banking terhadap kepuasan nasabah secara silmutan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pengguna layanan internet banking dan short massage service banking di Bank Syariah Indonesia Kc 1 Palangka Raya pada tahun 2022 sebanyak 69 responden. Jadi dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan nilai 1 – 4 dari sampel 69.Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus lemeshow dengan hasil 69 nasabah. Kemudian pengolahan datanya dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan dengan uji f bahwa internet banking dan short massage service banking secara silmutan berpengaruh signifikan 0,000 terhadap kepuasan nasabah yang artinmya semakin baik layanan internet banking dan sms bangking maka dapat mempengaruhi kepuasan nasabah. Hasil penelitian uji t juga menunjukkan bahwa internet banking dan short massage service banking secara parsial berpengaruh signifikasi 0,000 terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan uji koefisien determinasi didapatkan nila R2 0,642 yang artinya bahwa besar pengaruh internet banking dan sms banking terhadap kepuasan nasabah adalah 64,2%.
ABSTRACT
Internet banking is a service for conducting banking transactions through the internet network because it is a banking activity that utilizes internet technology as a medium for conducting transactions and obtaining other information through the bank's website. This activity uses the internet network as an intermediary or liaison between the customer and the bank without having to go to the bank office. This study aims to analyze internet banking services related to customer satisfaction, and to analyze the effect of short massage service banking services on customer satisfaction simultaneously.
The research approach used is a quantitative approach. The population in this study is internet banking service users and short massage service banking at Bank Syariah Indonesia Kc 1 Palangka Raya in 2022 as many as 69 respondents. The sampling used is by using the Lemeshow formula with the results of 69 customers. Then processing the data using the SPSS 25 application.
The results of the study show that with the f test that internet banking and short massage service banking simultaneously have a significant effect of 0.000 on customer satisfaction, which means that the better internet banking and sms banking services, the better it can affect customer satisfaction. The results of the t-test also show that internet banking and short massage service banking partially have a significant effect of 0.000 on customer satisfaction. Based on the coefficient of determination test, the value of R2 is 0.642, which means that the influence of internet banking and sms banking on customer satisfaction is 64,2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan; Bank Syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 02:34 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 02:34 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5085 |
Actions (login required)
View Item |