Purnamasari, Dwi (2022) Segmentasi pasar dalam meningkatan jumlah nasabah di Bank Syariah Indonesiakc Palangka Raya 1. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI Dwi Purnamasari_1704110171.pdf Download (1MB) |
Abstract
Segmentasi pasar merupakan pembagian kelompok konsumen yang memiliki perbedaan kebutuhan, karakteristik, ataupun perilaku konsumen terhadap suatu pasar tertentu. Dimana dalam suatu perusahaan sangat membutuhkan untuk melihat kemampuan perusahaan. Untuk mendapat hasil yang maksimal perusahaan harus mampu bersaing dan berkembang. Oleh karena itu, Bank Syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya 1 harus dapat menentukan target pasar yang tepat agar dapat memberikan dampak positif bagi Bank Syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya 1.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana prosedur segmentasi pasar yang diterapkan di Bank Syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya 1, bagaimana strategi Bank Syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya 1 dalam meningkatkan jumlah nasabah sesuai dengan persepsi segmentasi pasar, dan bagaimana dampak segmentasi pasar Bank Syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya 1 dalam meningkatkan jumlah nasabah. Adapun jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu pendekatan kualitatif, karena dalam melakukan pengumpulan data dilakukan ditempat fenomena sebagai acuan utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Temuan penelitian menunjukan bahwa segmentasi pasar yang ada pada Bank Syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya 1 masih belum melakukan pembagian atau pengelompokan pasar sesuai dengan teori yang dijelaskan oleh Philip Kotler yaitu tentang pembagian pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen. Strategi dalam meningkatan jumlah nasabah Bank Syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya 1 relatif homogen dan tersebar di seluruh bidang. Segmentasi pasar memberikan dampak yang efektif kepada Bank Syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya 1 karena dapat menunjukkan perubahan pasar yang mana nasabah tertarik menggunakan produk yang ditawarkan.
ABSTRACT
Market segmentasi is the division of consumer groups who have different need, characteristics, or consumer behavior towards a particular market. Where in a company really need it to see the company’s capabilities. To get maximum results the company must be able to compete and develop. Therefore, Bank Syariah Indonesia Palangka Raya 1 branch office must be able to determine the right target market so that it can have a positive impact on Bank Syariah Indonesian at the Palangka Raya 1 branch office.
The formulation of the problem in the research is how is the market segmentation procedure applied at Bank Syariah Indonesia branch office Palangka Raya 1, how is the strategy of Bank Syariah Indonesia branch office Palangka Raya 1 in increasing the number of customers in accordance with the perception of market segmentation, and what is the impact of market segmentation at Bank Syariah Indonesia branch office Palangka Raya 1 branch in increasing the number of customers. The sort of research employed by the researcher is a qualitative approach, because the phenomena is used as the major reference when collecting data. Observation, interviews, and documentation were utilized to obtain data.
The research findings show that the existing market segmentation at Bank Syariah Indonesia Palangka Raya 1 branch office still has not divided or grouped the market according to the theory explained by Philip Kotler, namely the division of heterogeneous markets into homogeneous markets. The strategy in increasing the number of customers of Bank Syariah Indonesia branch office Palangka Raya 1 is relatively homogeneous and spread throughout the field. Market segmentation has an effective impact on Bank Syariah Indonesia Palangka Raya 1 branch office because it can show market changes in which customers are interested in using the products offered.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Segementasi pasar; Bank syariah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 08:43 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:21 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5080 |
Actions (login required)
View Item |