Efektivitas remedial pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas III di SDN-2 Pahandut Palangka Raya

Hayuningtyas, Afrida Respati (2016) Efektivitas remedial pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas III di SDN-2 Pahandut Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi (AF).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Efektivitas remedial pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas III SDN 2 Pahandut, Palangka Raya telah dijalankan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, remedial ini dilaksanakan karena kurangnya kemampuan peserta didik dalam bacaan sholat dan iqro menurut waktu dan kebutuhan peserta didik. Remedial dilaksanakan satu minggu sekali. Artinya apabila dalam minggu pertama terdapat peserta didik yang mendapatkan nilai kurang dari pencapaian, maka minggu berikutnya dilaksanakan remedial.Tetapi apabila dalam minggu pertama ternyata tidak terdapat peserta didik yang harus di remedial, maka dilanjutkan ke materi pelajaran berikutnya

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana efektivitas remedial pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam, (a) untuk mengetahui prestasi masing-masing peserta didik berdasarkan nilai terakhir yang diperoleh, (b) untuk mengetahui materi apa saja yang dirangkai sesuai dengan kebutuhan peserta didik, (c) untuk mendapatkan keterangan tentang bentuk alat tes yang digunakan dalam remedial, (d) untuk memperoleh kepastian ada dan tidaknya pemberian hadiah atau hukuman dalam remedial, (2) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diadakannya remedial pada kelas III di SDN 2 Pahandut Palangka Raya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif subjek yang dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 2 Pahandut Palangka Raya. Penggalian data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) display data, (4) kesimpulan.

Hasil penelitian ini memberikan petunjuk bahwa efektivitas remedial pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas III di SDN 2 Pahandut Palangka Raya dilakukan dengan perencaan, pelaksanan dan evaluasi meliputi. (1) bagaimana efektivitas remedial pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas III di SDN 2 Pahandut Palangka Raya, (a) apakah ada pengelompokan peserta didik berdasarkan perolehan nilai terakhir dalam remedial, (b) apakah guru memberikan materi yang tidak sama untuk setiap peserta didik, (c) apakah alat tes yang digunakan dalam remedial, (2) bagaimana hasil belajar setelah diberikannya remedial pada Pendidikan Agama Islam pada kelas III di SDN 2 Pahandut Palangka Raya.

ABSTRACT

Remedial effectiveness on the subjects of Islamic Religious Education in the third grade at SDN 2 Pahandut, Palangka Raya has been run by a teacher of Islamic education, remedial implemented due to lack of ability of learners in reading prayers and Iqro by time and the needs of learners. Remedial held once a week. This means that if in the first week there are students who get less value from being reached, then the following week implemented remedial. But if in the first week it turns out there are students who should be in remedial, then proceed to the next subject matter

The main objective of this study was to determine (1) how the effectiveness of remedial on the subjects of Islam education, (a) to assess the achievements of individual learners based on the last value is obtained, (b) to determine any material which is arranged in accordance with learner needs, (c) to obtain information about the shape of the assays used in remedial, (d) to obtain certainty there is and not giving reward or punishment in remedial, (2) to assess the results of study subjects of Islamic education after the holding of remedial in the third grade at SDN 2 Pahandut Palangkaraya. This study uses qualitative research subjects in this study were the third grader at SDN 2 Pahandut Palangkaraya. Data mining is done by observation technique, interviews, and documentation. While the analysis used in this study are: (1) data collection, (2) data reduction, (3) display the data, (4) conclusion.

The results of this study indicates that the effectiveness of the remedial on the subjects of Islamic education in the third grade at SDN 2 Pahandut Palangkaraya to do with planning, implementation and evaluation included. (1) how the effectiveness of remedial on the subjects of Islamic education in the third grade at SDN 2 Pahandut Palangkaraya, (a) if there are any grouping of students based on the acquisition last value in remedial, (b) whether teachers provide materials that are not the same for each participant students, (c) whether the test equipment used in remedial, (2) how the outcomes after remedial exerts on Islamic education in the third grade at SDN 2 Pahandut Palangkaraya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas; remedial; Pendidikan Agama Islam (PAI); belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 26 Apr 2017 07:49
Last Modified: 26 Apr 2017 07:49
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item