Peluang usaha buket kreatif di kota Palangka Raya

Mardiana, Mardiana (2022) Peluang usaha buket kreatif di kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI MARDIANA & 1704120733.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bagi masyarakat di kota Palangka Raya buket sudah tidak lagi menjadi hal yang asing didengar, dengan banyaknya acara yang sering diadakan baik acara formal ataupun non formal, buket menjadi pilihan sebagai hadiah dikarenakan buket memiliki desain yang unik dengan harga yang bervariatif pula. Penelitian ini difokuskan pada tiga rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana peluang usaha buket kreatif di kota Palangka Raya berdasarkan jenis produk/jasa?; 2) Bagaimana peluang usaha buket kreatif di kota Palangka Raya berdasarkan minat dan daya beli konsumen?; 3) Bagaimana peluang usaha buket kreatif di kota Palangka Raya berdasarkan Analisis SWOT?. Dari rumusan masalah tersebut maka tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peluang usaha buket kreatif di Kota Palangka Raya berdasarkan jenis produk/jasa, minat dan daya beli konsumen, dan berdasarkan analisis SWOT.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah usaha buket Fleur.id, Broensis, Balloons.pky, dan Skr.flowproject dengan 4 informan yaitu konsumen buket. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah produk buket cocok dengan keuangan pasar karena bervariasi, kinerja, daya tahan produk, realibilitas, estetika dan kualitas produk baik, buket di buat dan ditata serapi mungkin sehingga menghasilkan buket yang menarik dan membuat konsumen puas dengan produk buket yang dihasilkan. Buket banyak diminati oleh masyarakat dan daya beli terhadap buket pun baik karena buket memiliki desain yang unik dan menarik harga yang terjangkau dan bervariatif, dan lokasi usaha yang strategis sehingga membuat buket diminati oleh masyarakat. Berdasarkan analisis SWOT kekuatan usaha buket yaitu harganya terjangkau, kelemahannya yaitu bahan baku di luar daerah, dan ancamannya yaitu banyaknya pesaing, peluang usaha buket kreatif di kota Palangka Raya memiliki prospek yang baik kedepannya dengan terus berinovasi mengikuti trend yang terus berkembang dan menjaga kepuasaan konsumen.

ABSTRACT

For people in the city of Palangka Raya, bouquet is no longer a foreign thing to hear, with many events that are often held both formal and non-formal events, bouquets are the choice as gifts because the bouquet has a unique design with varied prices. This research is focused on three problem formulations 1) What are the creative bouquet business opportunities in the city of Palangka Raya based on the type of product/service?; 2) What are the creative bouquet business opportunities in the city of Palangka Raya based on consumer interest and purchasing power?; 3) What are the creative bouquet business opportunities in the city of Palangka Raya based on SWOT analysis?. From the formulation of the problem, the purpose of this thesis is to find out and analyze the creative bouquet business opportunities in Palangka Raya City based on the type of product/service, consumer interest, and purchasing power, and based on SWOT analysis.

This research is field research using qualitative methods. The subjects in this study were the bouquet business of Fleur.id, Broensis, Balloons.pky, and Skr.flowproject with 4 informants, bouquet consumers. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation, then analyzed through the stages of data collection, data reduction, data presentation, and conclusions.

The results of this study are that the bouquet product is suitable for market finance because of its variety. Performance, product durability, reliability, aesthetics, and good product quality, the bouquet is made and arranged as neatly as possible to produce an attractive bouquet and make consumers satisfied with the resulting bouquet product. Bouquets are in great demand by the public and the purchasing power of the bouquet is good because the bouquet has a unique and attractive design, affordable and varied prices, and a strategic business location that makes the bouquet attractive to the public. Based on SWOT analysis, the strength of the bouquet business is an affordable price, the weakness is the raw materials outside the region, and the threat is a large number of competitors. The creative bouquet business opportunity in Palangka Raya has good prospects in the future by continuing to innovate by following trends that continue to develop and maintain consumer satisfaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peluang usaha
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 06 Dec 2023 00:30
Last Modified: 06 Dec 2023 00:30
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5039

Actions (login required)

View Item View Item