Model usaha berbasis sociopreneurship sebagai strategi meningkatkan minat beli konsumen perspektif ekonomi islam

Maulani, Faminda (2022) Model usaha berbasis sociopreneurship sebagai strategi meningkatkan minat beli konsumen perspektif ekonomi islam. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Faminda Maulani & 1804120794.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kewirausahaan dewasa ini telah mengalami pergeseran orientasi dari profit oriented menjadi social mission. Kegiatan sociopreneurship (kewirausahaan sosial) dianggap dapat menjadi salah satu alternatif dalam pemecahan masalah perekonomian sosial. Kewirausahaan sosial umumnya menggunakan strategi marketing dengan pendekatan empati. Tagline “berbelanja sambil beramal” dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran untuk menarik minat pembeli. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) konsep model usaha berbasis sociopreneurship pada usaha Pukis dan Martabak Cerdas Palangka Raya (2) penerapan model usaha berbasis sociopreneurship sebagai strategi meningkatkan minat beli konsumen perspektif ekonomi Islam (3) mengetahui minat konsumen pada produk usaha berbasis sociopreneurship

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian ini ada 3 orang dan 5 orang informan yaitu 3 orang pelaku usaha, dan 5 orang konsumen Pukis dan Martabak Cerdas Palangka Raya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep sociopreneurship oleh usaha Pukis dan Martabak Cerdas Palangka Raya yaitu dengan belanja sambil beramal. Ketika membeli produk tersebut, maka pembeli telah berdonasi dan ikut andil dalam memberi kebermanfaatan kepada orang yang membutuhkan. Kedua, penerapan konsep sociopreneurship sebagai strategi pemasaran oleh Pukis dan Martabak Cerdas Palangka Raya telah sesuai dengan karakteristik dan nilai inti pemasaran syariah yaitu integritas dan transparansi. Ketiga, minat beli konsumen terhadap produk sociopreneurship cukup tinggi.

ABSTRACT

Entrepreneurship today has experienced a shift in orientation from profit oriented to social mission.activities Sociopreneurship (social entrepreneurship) are considered to be an alternative in solving social economic problems. Social entrepreneurship generally uses a marketing with an empathetic approach. The tagline “shopping while doing charity” is used as a marketing strategy to attract buyers. This study aims to find out (1) the concept of a sociopreneurship in the Pukis and Martabak Cerdas Palangka Raya businesses (2) the application of a sociopreneurship as a strategy to increase consumer buying interest from an Islamic economic perspective (3) determine consumer interest in sociopreneurship

This research is a field research using a phenomenological approach. The subjects of this study were 3 people and 5 informants, namely 3 business people, and 5 consumers of Pukis and Martabak Cerdas Palangka Raya. Data collection techniques by observation, interviews and documentation. The technique of validating data is using triangulation of data sources. Then analyzed through the stages of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions.

The results of this study indicate that the concept of sociopreneurship by the Pukis and Martabak Smart Palangka Raya businesses is by shopping while doing charity. When buying this product, the buyer has donated and contributed to providing benefits to people in need. Second, the application of the sociopreneurship as a marketing strategy by Pukis and Martabak Cerdas Palangka Raya is in accordance with the characteristics and core values of sharia marketing, namely integrity and transparency. Third, consumer buying interest in sociopreneurship quite high.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sociopreneurship; Marketing
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:26
Last Modified: 05 Dec 2023 04:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5026

Actions (login required)

View Item View Item