Khairina, Novia (2022) Persepsi konsumen terhadap kantong plastik berbayar pada ritel modern Alfamart di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI NOVIA KHAIRINA - 1704120592.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sejak diberlakukannya kantong plastik berbayar yang dikeluarkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kebakaran yang tujuannya mengurangi penggunaan kantong plastik dengan plastik berbayar seharga Rp 200 dan diterapkan oleh ritel modern Alfamart Kota Palangka Raya namun kondisinya masih banyak konsumen menggunakan kantong plastik padahal ideal dari tujuan kebijakan seharusnya berkurangnya penggunaan kantong plastik karena adanya plastik berbayar. Hal tersebut perlu adanya penelitian akan kondisi permasalahan banyaknya penggunana kantong plastik oleh konsumen.
Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui (1) Mekanisme kantong plastik berbayar pada ritel modern Alfamart di Kota Palangka Raya, (2) Persepsi konsumen terhadap kantong plastik berbayar pada ritel modern Alfamart di Kota Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan pendekatan deksriptif. Subjek penelitian ini yaitu pengelola ritel modern Alfamart dan Informan yaitu konsumen Alfamart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan tahapan data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing
.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) mekanisme kantong plastik berbayar pada ritel modern Alfamart di Kota Palangka Raya bahwa konsumen dikenakan biaya seharga Rp 200 dari ukuran S, M dan L kantong plastik dan menawarkan alternatif berupa tas belanja yang telah disediakan Alfamart yaitu tas kain dan tas kertas yang bisa dipakai berulang kali dengan harga berkisar Rp 1.500 - 5.500. Sehingga melahirkan konsep pemasaran hijau dari penawaran produk hijau dan harga yang merupakan bauran elemen pemasaran hijau yang akhirnya mendukung prinsip ekonomi hijau dan sesuai pada nilai-nilai maqashid al-syariah yaitu, penjagaan agama, penjagaan jiwa, penjagaan akal, penjagaan keturunan dan penjagaan harta. (2) Persepsi konsumen terhadap kantong plastik berbayar pada ritel modern Alfamart di Kota Palangka Raya bahwa persepsi pelaksanaan kantong plastik berbayar oleh Alfamart masih kurang maksimal dan belum efektif dan banyak konsumen yang masih memilih kantong plastik sekali pakai. Dari perilaku penggunaan konsumen terlihat adanya faktor yang memengaruhi yaitu pengetahuan dan sikap dan pola pikir konsumen bersifat rasional. Namun perbuatan perilaku konsumen tersebut merupakan sifat irrasional.
ABSTRACT
Since the enactment of paid plastic bags issued by the Ministry of Environment and Fire whose purpose is to reduce the use of plastic bags with paid plastic for Rp 200 and applied by modern retail Alfamart Palangka Raya City but the condition is still many consumers use plastic bags when the ideal of the policy goal should be reduced use of plastic bags due to the presence of paid plastic. This requires research on the condition of the problem of the number of plastic bag users by consumers.
This research is to analyze and find out (1) The mechanism of paid plastic bags in Alfamart modern retail in Palangka Raya City, (2) Consumer perception of paid plastic bags at Alfamart modern retail in Palangka Raya City. This research is field research with qualitative methods and a descriptive approach. The subjects of this study are Alfamart's modern retail managers and Informants, alfamart consumers. Data collection techniques in this study are observation, interview, and documentation and then analyzed using data collection stages, data reduction, display data, and conclusion drawing.
The result of this study is (1) the mechanism of paid plastic bags at Alfamart modern retail in Palangka Raya City that consumers are charged Rp 200 from the size of S, M and L plastic bags and offer an alternative in the form of shopping bags that alfamart has provided, namely cloth bags and paper bags that can be used repeatedly with prices ranging from Rp 1,500 - 5,500. So as to give birth to the concept of green marketing from the offering of green products and prices which is a mix of green marketing elements that finally support the principles of green economy and in accordance with the values of maqashid al-sharia, namely, religious care, care of the soul, care of reason, care of offspring and custody of property.(2) Consumer perception of paid plastic bags in Alfamart modern retail in Palangka Raya City that the perception of the implementation of paid plastic bags by Alfamart is still less than optimal and ineffective and many consumers still choose single-use plastic bags. From the behavior of consumer use, there are factors that influence knowledge and attitudes and consumer mindsets are rational. However, the act of consumer behavior is irrational.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Hijau; Perilaku Konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 07:39 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 07:39 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5002 |
Actions (login required)
View Item |