Eksistensi anak muda dalam bisnis kafe di Kota Palangka Raya di masa pandemi covid-19

Sopian, Asep Andi (2022) Eksistensi anak muda dalam bisnis kafe di Kota Palangka Raya di masa pandemi covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI ASEP ENDI SOPIAN & 1704120709.pdf

Download (2MB)

Abstract

dimana dalam dunia mereka lagi dirundung oleh rasa ego yang sangat besar yang sangat memerlukan arahan serta tutorial. Eksistensi bisa kita kenal juga dengan satu kata yaitu keberadaan. Dimana keberadaan yang dimaksud adalah dengan adanya respon dari orang di sekililing kita ini membuktika bahwa keberadaan kita diakui. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahn yang diangkat peneliti adalah pertama, bagaimana eksistensi anak muda dalam bisnis kafe di kota Palangka Raya di masa pandemi covid-19? Kedua, Apa faktor motivasi anak muda dalam melibatkan dirinya dalam bisnis kafe di masa pandemi covid-19?

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di Kota Palangka Raya dengan subjek penelitiannya adalah pelaku usaha bisnis kafe. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan Pengumpulan, Reduksi, Penyajian, dan Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Eksistensi anak muda dalam bisnis kafe di kota Palangka Raya adalah unsur penting di dalam sebuah usaha, karena keberadaan nya sendiri tidak diragukan lagi, setiap anak muda meiliki jiwa yang bertangungjawab, kreatif, inovatif, ide-ide berlian dan mampu bersaing dengan sehat, maka dari itu keberadaan anak muda sangat di perlukan kita akui di sekitar kita (2) faktor motivasi anak muda dalam melibatkan dirinya dalam bisnis kafe di masa pandemi covid-19 jika dilihat dari hasil observasi dan wawancara terlihat ada dua faktor yang memotivasi anak muda dalam melibatkan dirinya dalam usaha bisnis kafe yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor-faktor intrinsik sebagai pendorong minat berwirausaha antara lain karena adanya kebutuhan akan pendapatan, hobby dalam berwirausaha dan perasaan senang. Faktor internal yaitu: 1). Kebutuhan akan pendapatan, 2) harga diri atau gengsi 3). Prasaan senang atau hobby.

ABSTRACT

Young people are a period of transition from children to adults, where in the world they are still plagued by a very large sense of ego that really needs direction and tutorial. Existence can also be known by one word, namely existence. Where the existence in question is the response from the people around us, it proves that our existence is recognized. Based on this, the problem raised by the researcher is first, how is the existence of young people in the cafe business in the city of Palangka Raya during the covid-19 pandemic? Second, what are the motivational factors for young people to involve themselves in the cafe business during the COVID-19 pandemic?

This research is a field research using a qualitative descriptive approach. The research location is in Palangka Raya City with the research subject being a cafe business entrepreneur. The data collection techniques used were through observation, interviews, and documentation. Validation of data using source triangulation. Data analysis using Collection, Reduction, Presentation, and Drawing Conclusions.

The results of this study indicate that (1) The existence of young people in the cafe business in the city of Palangka Raya is an important element in a business, because its existence itself is no doubt, every young person has a responsible, creative, innovative spirit, diamond ideas and able to compete in a healthy manner, therefore we really need to acknowledge the existence of young people around us (2) the motivational factors for young people to involve themselves in the cafe business during the covid-19 pandemic when viewed from the results of observations and interviews, it appears that there are two factors What motivates young people to involve themselves in the cafe business are intrinsic factors and extrinsic factors. Intrinsic factors that drive interest in entrepreneurship include the need for income, a hobby in entrepreneurship and feelings of pleasure. Internal factors are: 1). The need for income, 2) self-esteem or prestige 3). Pleasure or hobby.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bisnis; Eksistensi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:14
Last Modified: 30 Nov 2023 04:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4992

Actions (login required)

View Item View Item