Mazrur, Mazrur (2023) Disruptive Game Online and Social Personality: Case Study at SDN Asem Kumbang Katingan Regency. TUNAS : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 8 (2). pp. 149-157. ISSN 2685-8169
Text
5587-Article Text-21171-1-10-20230811.pdf Download (247kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak positif bermain game online terhadap kepribadian sosial anak, serta mendeskripsikan dampak negatif bermain game onlineterhadap kepribadian sosial di SDN Asem Kumbang Kabupaten Katingan. Penelitian ini disusundengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian berjumlah tujuh anak SDNAsem Kumbang Kabupaten Katingan dan informannya adalah tiga orang tua dan dua orang guru.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi datadalam penelitian ini menggunakan simulasi sumber. Analisis data menggunakan empat tahapan,yaitu mengumpulkan, meringkas, menyajikan, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa dampak positif bermain game online bagi anak di SDN Asem KumbangKabupaten Katingan meliputi sosialisasi, kerjasama, dan simpati. Sedangkan dampak negatifbermain game online terhadap kepribadian sosial anak SDN Asem Kumbang Kabupaten Katinganadalah kecanduan, berbicara kasar dan kotor, membangkang, berselisih atau berkelahi, dan mengolok-olok atau mengejek.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Games Online; Social Personality |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Perpustakaan Pusat |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:25 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:25 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4939 |
Actions (login required)
View Item |