Pengaruh fasilitas kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terhadap perilaku konsumtif nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Palangka Raya

Suwarni, Suwarni (2016) Pengaruh fasilitas kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terhadap perilaku konsumtif nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Teori.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metodolo Penelitian.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pengaruh fasilitas kartu anjungan tunai mandiri ATM terhadap perilaku konsumtif nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Palangka Raya? Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas kartu anjungan tunai mandiri ATM terhadap perilaku konsumtif nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Palangka Raya dengan teknik analisis Korelasi Product Moment (r) menggunakan program SPSS 21.0.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif sehingga dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan teknik observasi dan kuesioner/angket. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada 25 orang responden diperoleh 9 item pertayaan variabel fasilitas kartu anjungan tunai mandiri ATM dan variabel perilaku konsumtif yang valid agar dapat memenuhi kreteria digunakan dalam pengumpulan data penelitian, dengan tingkat reabilitas 0,659 berada kreteria “kuat“. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Palangka Raya yang menggunakan fasilitas kartu anjungan tunai mandiri ATM yang berjumlah 10.000. sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden menggunakan teknik Random Sampling dengan cara pengambilan sampel, yaitu dengan melakukan survei kepada setiap nasabah yang dijumpai pada di lokasi mesin ATM dan otlet/pusat perbelanjaan seperti hipermart dan toko-toko yang pembayarannya menggunakan mesin EDC.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, fasilitas kartu anjungan tunai mandiri memiliki pengaruh dengan tingkat hubungan berada pada kategori “kuat“ terhadap perilaku konsumtif, hal ini berdasarkan hasil koefesin korelasi product moment yaitu sebesar 0,659 Kemudian besarnya kontribusi fasilitas anjungan tunai mandiri (ATM) terhadap perilaku konsumtif sebesar 43,4% dan sisanya 56,6 % dipengaruhi oleh faktor lainya. Sedangkan untuk uji hipotesis diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 artinya terbukti bahwa fasilitas kartu anjungan tunai mandiri (ATM) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Kartu Anjungan Tunai Mandiri; perilaku konsumtif; automatic teller machine (ATM);consumer behavior; nasabah Bank Muamalat
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 20 Apr 2017 01:27
Last Modified: 20 Apr 2017 01:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item