Manajemen kesiswaan MTs Darul Amin Kota Palangka Raya

Dedi, Irawan (2015) Manajemen kesiswaan MTs Darul Amin Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak DI.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN DI.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA DI.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN DI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL DI.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PEMBAHASAN DI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI PENUTUP DI.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kondisi MTs Darul Amin yang letaknya secara geografis tidak strategis serta kegiatan promosi yang kurang sehingga sekolah ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model manajemen kesiswaan MTs Darul Amin Kota Palangka Raya dan bagaimana implementasi manajemen kesiswaan MTs Darul Amin Kota Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus.
Hasil penelitian ini adalah: a. Perencanaan, rekrutmen, seleksi, penerimaan, orientasi, penempatan, pelaporan (pencatatan), dan mutasi serta lulusan masih menggunakan model manajemen kesiswaaan subjektif yaitu model yang menekankan pada individu-individu di madrasah tersebut ketimbang keseluruhan tenaga kependidikan; b. Pembinaan dan pengembangan serta evaluasi menggunakan model kultural yaitu model yang menekankan aspek informal di madrasah dengan fokus pada nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, norma-norma, tradisi-tradisi menurut persepsi individu-individu tenaga kependidikan. Adapun Implementasi manajemen kesiswaan MTs Darul Amin, berupa: a. Perencanaan, rekrutmen, seleksi, penerimaan, orientasi, penempatan masuk dalam kegiatan kepanitiaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sehingga terlaksana dengan baik begitu pula dengan evaluasi dan mutasi serta lulusan, walaupun ada beberapa pembenahan yang perlu dilakukan pada beberapa hal, itu pun tidak signifi-kan bermasalah; b. Pelaporan dan pencatatan sangat kurang terlaksana dengan baik hal ini dikarenakan manajemen yang dilakukan oleh kepala madrasah dan wakamad kesiswaan yang masih minim bantuan oleh pihak Kementerian Agama bagian madrasah Kota Palangka Raya baik dari segi petugas maupun sarana prasarananya sehingga pencatatan dan pelaporan mengenai kesulurahan data kesiswaan belum dibukukan maupun di file-kan dalam komputer mulai dari tahun berdirinya hingga tahun ajaran sekarang ini, terlebih lagi permasalahan yang peneliti temukan adalah petugas tata usaha yang hanya 1 (satu) orang saja dan kurang memiliki keahlian khusus dalam bidang administrasi tata usaha, petugas TU tersebut lulusan Sarjana Komunikasi Islam (S.Kom.I) bidang jurusan dakwah Islam bukan Sarjana khusus bidang Tata Usaha; c. Pembinaan dan pengembangan belum terlaksana dengan baik, hal ini disebabkan latar belakang siswa yang sangat multikultural dari berbagai daerah karena pencarian (rekrutmen) siswa dilaksanakan bukan hanya oleh pihak madrasah akan tetapi satu atap pengelolaannya dengan pihak panti asuhan dan pesantren yaitu yayasan al-Amin Kota Palangka Raya, sehingga guru yang membina maupun mengembangkan potensi siswa mengalami kesulitan dikarenakan berbagai karakter siswa baik dari segi pengetahuan maupun dari segi sosial yang rata-rata sudah tidak memiliki ayah atau ibu (yatim atau piatu).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 05 Aug 2016 02:05
Last Modified: 05 Aug 2016 03:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item