Manajemen kolaboratif guru bidang studi dan guru bimbingan konseling dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan siswa pada SMA Muhammadiyah Kasongan

Patimah, Siti (2015) Manajemen kolaboratif guru bidang studi dan guru bimbingan konseling dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan siswa pada SMA Muhammadiyah Kasongan. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (Sp).pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (Sp).pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (sp).pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (Sp).pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (Sp).pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (Sp).pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI (Sp).pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Kolaboratif atau kerjasama: (a) bagaimana peran, upaya, kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam pengelolaan kolaboratif (kerjasama) guru yang berjumlah 14 orang terbentuk dua kelompok yaitu Guru Bidang Studi dan Guru Bimbingan Konseling dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Pada SMA Muhammadiyah Kasongan?, (b) upaya-upaya apa yang dilakukan kepala sekolah dalam melaksanakan Manajemen Kolaboratif?, dan (c) kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi kepala sekolah SMA Muhammadiyah Kasongan dalam Manajemen Kolaboratif?.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai teknik dalam pendekatan kualitatif diantaranya: wawancara, observasi, dokumentasi studi kepustakaan, dan analisis.

Hasil penelitian: (1) kepala SMA Muhammadiyah Kasongan telah melaksanakan peranannya sebagai kepala sekolah dalam Manajemen Kolaboratif diantaranya sebagai: pendidik (educator), manajer (manager), administrator, penyelia (supervisor), pemimpin (leader), inovator dan motivator. (2) upaya-upaya yang telah dilakukan kepala sekolah SMA Muhammadiyah Kasongan, diantaranya: meningkatan profesionalisme dan kompetensi guru; menyusun program sekolah yang akan dilaksanakan; memberdayaan sumber tenaga kependidikan secara optimal; menyediaan sarana dan prasarana pendidikan; meningkatkan kesejahteraan guru; mengadakan program bimbingan dan pengayaan; dan menjalin kerjasama kemitraan dengan masyarakat. (3) kepala sekolah SMA Muhammadiyah Kasongan, telah melakukan analisis SWOT yakni analisis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi sekolahnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kolaboratif; Guru Bidang; Guru Bimbingan Konseling; Collaborative Management; Guru Guidance Counseling
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 18 Apr 2017 03:22
Last Modified: 18 Apr 2017 03:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item