Ahmad, Maki (2015) Kepemimpinan Transformasional dalam Pembinaan Toleransi Kultur Mahasiswa di Ma’had al-Jami’ah IAIN Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
ABSTRAK (AM).pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN (AM).pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA (AM).pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN (AM).pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN (AM).pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V PEMBAHASAN (AM).pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI PENUTUP (AM).pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
Keberadaan mahasiswa yang multi budaya di ma’had al-Jami’ah IAIN Palangka Raya memberikan nuansa berbeda dalam hal interaksi sosial. Mahasiswa yang heterogen yaitu berasal dari suku, pendidikan dan starata sosial yang berbeda memberi peluang kepada pengasuh/pemimpin ma’had al-Jami’ah IAIN Palangka Raya mengambil langkah-langkah pembinaan untuk terciptanya toleransi budaya mahasiswa. Sehingga dapat menjawab pertanyaan penelitian yaitu bagaimana kepemimpinan transformasional dalam pembinaan toleransi budaya mahasiswa di ma’had al-Jami’ah IAIN Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan transformasional dalam pembinaan toleransi budaya mahasiswa di Ma’had al-Jami’ah IAIN Palangka Raya melalui kajian teori James McGregor Burn tentang kepemimpinan transformasional yang dapat diimplementasikan melalui prinsip-prinsip kepemimpinan transformasonal menurut Erik Rees dalam artikelnya Seven Principles of Transformational Leadership
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan fenomenologis. Dengan metode ini diharapkan dapat diperoleh pemahaman dan penafsiran yang mendalam mengenai makna dari kenyataan dan fakta yang relevan. Dengan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan ma’had al-Jami’ah terwujud dengan sosok pengasuh/pemimpin ma’had al-Jami’ah yang memiliki gaya kepemimpinan transformasional dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan transformasional yaitu simplikasi dengan mensosialiasikan visi misi secara kontinu, motivasi diwujudkan dengan pendelegasian tugas-tugas kepada musyrif/ah, memperhatikan kebutuhan mahasiswa, memperhatikan kreasi dan inovasi, dan menggunakan reward maupun punishment, memfasilitasi tergambar dari diselenggarakannya kegiatan-kegiatan kajian bulanan fiqih wanita, tafsir tematik al-Qur’an, inovasi dengan menugaskan mahasiswa mengimami shalat tahajjud, mobilitasi melalui langkah-langkah komunikasi terbuka, menciptakan budaya berani gagal, memberikan informasi simple tentang kegiatan, dan menentukan peran yang jelas, kesiagaan dengan langkah-langkah menemukan ketidakpuasan mahasiswa, menunjukkan ke arah mana perubahan sehingga menjadi kongkrit dan mudah dilakukan, dan tekad dengan memberikan inspirasi untuk maju dan berani menghadapi tantangan dengan contoh-contoh prilaku, 2) Pembinaan toleransi kultur mahasiswa di ma’had al-Jami’ah IAIN Palangka Raya melalui beberapa pola kegiatan yaitu pola peribadatan, pola pendidikan, dan pola sosial (pergaulan dan interaksi) yang terukur dalam sikap mahasiswa memiliki kemampuan : (a). Manajemen diri, manajemen waktu, dan kehidupan sosial (pergaulan dan interaksi), (b). Kemampuan kognitif, bahasa Arab dan bahasa Inggris, dan (c). Pembentukan soft skill seperti berkomunikasi dan kepemimpinan melalui wadah organisasi ma’had al-Jami’ah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 01:28 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 01:28 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/47 |
Actions (login required)
View Item |