Eko, Permadi (2016) Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter (Studi Pada Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Palangka Raya). Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Tesis EKO.pdf Download (632kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu unsur yang dapat menciptakan kemajuan peradaban dan peningkatan kualitas hidup suatu bangsa. Dalam beberapa tahun terakhir, ada arus pemikiran dan kebutuhan baru dalam dunia pendidikan untuk memberikan perhatian yang proporsional terhadap dimensi-dimensi afektif dari tujuan pendidikan, bersama-sama dengan aspek pengetahuan dan keterampilan. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin, dari sifat kodratinya menuju kea rah peradaban manusiawi yang lebih baik.
Beranjak dari focus penelitian maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah perencanaan strategic dalam pengembangan pendidikan karakter pada madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Kota Palangka Raya, (2) Bagaimanakah implementasi Perencanaan strategic dalam pengembangan pendidikan karakter pada Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Kota Palangka Raya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif (descriptive research) yaitu suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau. Dengan lebih menfokuskan pada penelitian deskriptif yang mengarahkan pada studi kasus (case study).
Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) perencanaan strategic pengembangan pendidikan karakter pada Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Kota Palangka Raya untuk merancang dan merencanakan konsep nilai-nilai pendidikan karakter dan mampu mengintegrasikan pada silabus dan dapat dilaksanakan dalam bentuk penjabarannya melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pendidik/ guru menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik melalui mata pelajaran agama maupun mata pelajaran umum dengan cara dan teknik yang berbeda sesuai kemampuan yang dimiliki. (2) Implementasi perencanaan strategik dalam pengembangan pendidikan karakter menekankan pada keteladanan, penciptaan lingkuangan, dan pembiasaan, melalui tugas berbagai keilmuan dan kegiatan kondusif. Dengan demikian, apa yang dilihat, didengar, dirasakan dan dikerjakan oleh peserta didik dapat membentuk karakter mereka. Selain menjadikan keteladanan dan pembiasaan sebagai metode pendidikan utama, penciptaan iklim dan budaya serta lingkungan yang kondusif juga sangat penting, dan dan turut membentuk karakter peserta didik. Hal ini dapat dilakukan melalui proses belajar mengajar (PBM) serta disosialisasikan dengan secara terus-menerus dan berkelanjutan serta sistematis. Seluruh warga madrasah yang mempunyai tugas dan kewajiban serta tanggung jawab yang sama
English
Education is one of the elements that can create the advancement of civilization and improving the life quality of a nation. In recent years, there are currents of thought and new needs in education to give proportionate attention to the affective dimensions of educational objectives, together with aspects of knowledge and skills. Character education is an effort to help the mental development of children both physically and emotionally, from the nature of moving towards better human civilization.
Based on the research focuses, the research problems were: (1) How does strategic planning in the development of character education at Darul Ulum Islamic Junior High School Palangkaraya, (2) How is the implementation of strategic planning in the development of character education at Darul Ulum Islamic Junior High School in Palangkaraya city.
The research type used was descriptive research. It was a research method that is intended to describe the phenomena that exist, which takes place in the present or the past. With more focus on descriptive research that led to the case study.
The results showed that; (1) strategic planning of character education development at MTs Darul Ulum Islamic Junior High School in Palangkaraya city to design and plan the concept of values and to integrate character education in the syllabus and it could be implemented in the form of its formulation through Learning Implementation Plan (RPP). Educators / teachers instill character values of students through religious subjects as well as general subjects with different methods and techniques based on their capabilities. (2) Implementation of strategic planning in the development of education emphasized the exemplary character, form the environment, and habituation, through various scientific tasks and conductive activities. Thus, what is seen, heard, felt and done by learners could build their character. In addition to making exemplary and habituation as a method of primary education, cultural atmosphere and environment were also very important. It helped to build the students’ characters. This can be done through the process of learning and Teaching (PLT) and socialized with continuous, sustained and systematic. All citizens of Islamic boarding have the duty and obligation, and the same responsibilities
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 04:33 |
Last Modified: | 05 Apr 2017 04:33 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/462 |
Actions (login required)
View Item |