Pengelolaan Pendidikan Akhlak Mulia Menurut Al-Qur’an

Siti Swaibatul, Aslamiah (2016) Pengelolaan Pendidikan Akhlak Mulia Menurut Al-Qur’an. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
File 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kondisi lingkungan masyarakat dewasa ini rentan bagi tumbuhnya perilaku agresif dan penyimpangan, terutama di kalangan pemuda dan siswa, Hal ini disebabkan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu harus di imbangi dengan pendidikan akhlak mulia. Akhlak mulia merupakan tiang berdirinya umat. Dengan kata lain, apabila rusak akhlak suatu umat maka rusaklah bangsanya. Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana konsep al-Qur’an dalam merencanakan materi pendidikan akhlak mulia dan bagaimana konsep al-Qur’an dalam merencanakan metode pendidikan akhlak mulia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep al-Qur’an dalam merencanakan materi pendidikan akhlak mulia dan konsep al-Qur’an dalam merencanakan metode pendidikan akhlak mulia, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bercorak library research. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data primer. Data primer penelitian ini adalah al-Qur’an dan terjemahnya, Tafsir al-Qur’an Tafsir al-Misbah karya Qurish shihab, Tafsir al-Azhar karya Hamka dan buku-buku yang berkaitan dengan akhlak,. Data skunder dari penelitian ini diperoleh dari buku-buku dan karya ilmiyah yang isinya dapat melengkapi data penelitian. Setelah data terkumpul, penelliti melakukan analisis dengan menggunakan metode tafsir tahlili.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pendidikan akhlak menurut al-Qur’an adalah meliputi Akhlak Terhadap Allah Surah al-A’raf 143, Akhlak Terhadap Nabi Surah An-nur ayat 62 dan 63, Akhlak Terhadap Orang Tua Surat al-Isra ayat 23, Akhlak Terhadap Orang Lain Surat al-A’raf ayat 199. Metode pendidikan akhlak mulia yang terkandung dalam surat An-Nahl ayat 125-126 adalah metode teladan, metode nasehat, metode diskusi dan metode punishment/hukuman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 31 Mar 2017 07:30
Last Modified: 31 Mar 2017 07:30
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item