Komitmen kepala madrasah dan kinerja guru dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik dimin 1 barito utara

Hamid, Abdul (2021) Komitmen kepala madrasah dan kinerja guru dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik dimin 1 barito utara. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS ABDUL HAMID-17013170.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepala Madrasah dan guru adalah fasilitator dan agen pembelajaran bagi siswa. Agar dapat menjadi fasilitator dan agen yang baik bagi siswa dan menjadi aspirasi bagi mereka, Kepala Madrasah dan guru tidak boleh berhenti untuk belajar, baik belajar manajemen,, metode dan strategi dalam memberi atau menyampaikan pelajaran, juga belajar memahami tentang minat dan bakat siswa dengan berbagai potensi dan karakternyanya.

Berangkat dari latar belakang tersebut, maka peneliti merusmuskan masalah yaitu, (1) Bagaimana komitmen Kepala Madrasah dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MIN-1 Barito Utara (2) Bagaimana kinerja guru dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MIN-1 Barito Utara.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis komitmen Kepala Madrasah dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MIN-1 Barito Utara dan Untuk menganalisis kinerja guru dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MIN-1 Barito Utara.
Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik Observasi, wawancara dan dukumentasi.Teknik Pengabsan data mengunakan triangulasi, penelian ini menggunakan 4 tahapan analisis, yaitu: collecting data,reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification.

Adapun hasil penelitian adalah 1. Kepala Madrasah mempunyai komitmen dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MIN I Barito Utara melalui, rapat bersama dengan dewan guru dalam mengatasi masalah, membentuk kepengurusan koordinator pembinaan ekstrakulikuler sesuai bidangnya masing-masing, dan menganggarkan biaya untuk proses kegiatan. 2. Kinerja guru disamping menguasai bahan yang akan diajarkan. mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media/sumber pelajaran, menguasai landasan-landasan kependidikan, mengelola interaksi belajar mengajar, dan juga mengadakan penjaringan terhadap peserta didik yang mempunyai potensi prestasi, kemudian mengelompokan peserta didik tersebut sesuai potensi yang dimiliki untuk dibina, dan membuat penjadwalan kegiatan pembinaan.

ABSTRACT

Principal and teacher is a learning facilitator and agent for students. To become a good facilitator and agent for the students and become their aspiration, Principal and teacher not allowed to stop studying, like management, method and strategy in give or convey the lesson, also try to understand students’ interest and talent with various potential and characteristic.

Based on that background, the research problems are (1) How is the Principal’s commitment in improving students’ non-academic achievement at MIN 1 Barito Utara (2) How is the Teacher’s performance in improving students’ non-academic achievement at MIN 1 Barito Utara.

The research objectives were to analyzed Principal’s commitment in improving students’ non-academic achievement at MIN 1 Barito Utara and to analyzed Teacher’s performance in improving students’ non-academic achievement at MIN 1 Barito Utara.

Data collection technique in this research used observation, interview and documentation. Data validation technique used triangulation, and used four phases of analysis, they were data collecting, data display, drawing conclusion/verification.
The result showed that : 1) Principal had commitment in improved students’ non-academic achievement at MIN 1 Barito Utara through, meeting along with teacher to solve problems, formed extracurricular guidance coordinator management based on each field, estimated the cost for activity process. 2. Teacher’s performance beside mastery the material that will be conveyed, managed learning program, class, used learning media/source, mastery educational bases, managed learning interaction, and held selection for students who had achievement potential, then grouped those students based on their potential to guided, then make schedule of guidance activity.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:47
Last Modified: 21 Dec 2022 06:47
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4420

Actions (login required)

View Item View Item