Maunah, Siti (2021) Penggunaan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Katingan Hilir. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Tesis Siti Maunah - 19016145.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kebijakan belajar dari rumah di tengah pandemi Covid-19 dilakukan didasarkan pada Surat Edaran (SE) Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. SMP Negeri 2 Katingan Hilir ini pembelajaran sama seperti sekolah lain yaitu menggunakan pembelajaran Daring salah satunya dengan menggunakan whatsapp grup dan google classroom. Penulisan tesis ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penggunaan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran Daring mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Katingan Hilir, 2) untuk mengetahui faktor penghambat penggunaan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran Daring mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Katingan Hilir, 3) untuk mengetahui faktor pendukung penggunaan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran Daring mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Katingan Hilir.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yakni penelitian yang dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data yang digunakan yaitu subyek penelitian yaitu dua orang guru PAI dan informan penelitian yaitu kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan, kepala Tata Usaha, siwa SMP Negeri 2 Katingan Hilir yang tinggal di desa Hampalit. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara berkesinambungan dengan cara mereduksi data, display data, verifikasi data, dan pengujian keabasahan data (triangulasi sumber).
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran Daring mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Katingan Hilir antara lain sebelum guru masuk ke google classroom guru terlebih dahulu memberi materi melalui whatsapp, hal tersebut dilakukan agar siswa yang belum bisa masuk ke google classroom dia masih tetap bisa mengikuti pelajaran melalui whatsapp. Adapun untuk menjelaskan materi pelajaran dan memberikan tugas, guru PAI menggunakan google classroom, karena google classroom dirancang untuk menghemat waktu dengan mengintegrasikan dan mengotomatisasi penggunaan aplikasi google lainnya, termasuk dokumen, slide, dan spreadsheet, 2) Adapun faktor penghambat penggunaan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran Daring mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Katingan Hilir antara lain belum siapnya sarana seperti HP android, jaringan internet bagi mereka yang tinggal di daerah perusahaan perkebunan sawit, jaringan internet merupakan faktor yang paling utama, orang tua tidak dapat mendampingi anak pada saat pembelajaran Daring karena bekerjadi luar rumah. 3) Faktor pendukung penggunaan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran Daring mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Katingan Hilir antara lain laptop, konek jaringan/ signal yang lancar dan HP android yang memadai, tersedianya wifi yang memadai yang disiapkan pihak sekolah.
ABSTRACT
The policy of learning from home in the midst of the pandemic Covid-19 is carried out based on circular letter (SE) Mendikbud No. 4 Year 2020 on theimplementationof Kebijakan Pendidikan di Masa Darurat Penyebaran Covid-19. SMP Negeri 2 Katingan Hilir is learning just like any other school that uses online learning; one of them uses whatsapp group and google classroom. Writing this thesis aims: 1) to know the use of google classroom and whatsapp in online learning PAI subjects in SMP Negeri 2 Katingan Hilir, 2) to know the inhibitory factors of the use of google classroom and whatsapp in online learning PAI subjects in SMP Negeri 2 Katingan Hilir, 3) to know the supporting factors of the use of google classroom and whatsapp in online learning PAI subjects at SMP Negeri 2 Katingan Hilir.
This type of research is qualitative, i.e., research intended to understand what is experienced by the research subject produces descriptive data in written or oral words from people and observed behaviors. The data sources used are two PAI teachers and a research informant, namely the principal, Wakasek Kurikulum, Wakasek Student, Head of Administration, students SMP Negeri 2 Katingan Hilir lives in Hampalit village. Data collection methods are observation, interview, and documentation. The data obtained is then analyzed continuously by reducing data, data display, data verification, and data validity testing (source triangulation).
The results showed that:1) The use of google classroom and whatsapp in online learning pai subjects in SMP Negeri 2 Katingan Hilir among others before the teacher enters the google classroom teacher first give material through whatsapp, it is done so that students who have not been able to enter the google classroom he can still follow the lessons through WhatsApp. As for explaining the lesson materials and giving assignments, PAI teachers use google classroom because google classroom is designed to save time by integrating and automating other google applications, including documents, slides, and spreadsheets. 2) As for the inhibitory factors of the use of google classroom and whatsapp in online learning pai subjects in SMP Negeri 2 Katingan Hilir, which are not ready for means such as hp android, internet network for those who live in the area of palm oil plantation companies. Therefore, the internet network is the essential factor. Moreover, parents can not accompany the child when online learning because of working outside the home. 3) Supporting factors for using google classroom and WhatsApp in online learning pai subjects in SMP Negeri 2 Katingan Hilir among others laptop, smooth network/ signal connection and adequateandroid phone, the availability of adequate wifi prepared by the school.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring ; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 06:57 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 06:57 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4350 |
Actions (login required)
View Item |