Hasanah, Israul (2021) Penerapan metode wahdah Untuk meningkatkan hasil hafalan surat pendek Siswa kelas iii di mi miftahussalam Pembuang hulu kabupaten seruyan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Israul Hasanah - 1701170090.pdf Download (1MB) |
Abstract
Salah satu cara kita untuk menjaga kesucian al-Qur’an adalah dengan menghafal kalam-kalamNya secara baik dan benar. Pelaksanaan hafal al-Qur’an khususnya pada sekolah Dasar/Madrasah selain Pondok Pesantren tentunya membutuhkan persiapan baik dari segi mental maupun tenaga.
Seperti yang sudah diterapkan di MI Miftahussalam Pembuang Hulu ini, guru menerapkan metode khusus untuk menghafal agar siswa bisa merasa nyaman dan tidak bosan untuk menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode wahdah di MI Miftahussalam Pembuang dan hasil setelah menerapkan metode wahdah di MI Miftahussalam Pembuang Hulu.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu serangkaian proses pengumpulan data, menggabungkan dan mengambil kesimpulan tentang data tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan metode wahdah yang digunakan untuk meningkatkan hasil hafalan surat pendek bagi para siswa yang kesulitan menghafal sudah memperlihatkan hasil dibandingkan dari sebelumnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode wahdah ini adalah metode yang cocok untuk menghafal di MI Miftahussalam. Siswa dan guru tidak terlalu menemukan kesulitan saat menggunakan metode ini. Memang ada beberapa kesulitan yang ditemukan oleh guru dan siswa, seperti waktu yang kadang tidak cukup untuk menyelesaikan hafalan. Namun hal tersebut dapat di atasi dengan siswa disuruh untuk melanjutkan hafalanya di rumah dan menyetor kembali besoknya sebelum memulai pembelajaran.
ABSTRACT
One of our ways to maintain the sanctity of the Qur'an is to memorize His words properly and correctly. The implementation of memorizing the Qur'an, especially in elementary schools / madrasas other than Islamic boarding schools, of course requires preparation both in terms of mental and energy.
As has been implemented at MI Miftahussalam Pembuang Hulu, the teacher applies a special method for memorizing so that students can feel comfortable and not bored to memorize. This study aims to determine the application of the wahdah method at MI Miftahussalam Pembuang and the results after applying the wahdah method at MI Miftahussalam Pembuang Hulu.
This research is a field research using descriptive qualitative, namely a series of data collection processes, combining and drawing conclusions about the data. Data were collected through observation, documentation and interviews. The results of the study stated that the application of the wahdah method used to improve the results of memorizing short letters for students who had difficulty memorizing had shown results compared to before.
The results showed that the wahdah method was a suitable method for memorizing at MI Miftahussalam. Students and teachers do not find much difficulty when using this method. Indeed, there were some difficulties found by teachers and students, such as sometimes not enough time to complete memorization. However, this can be overcome by asking students to continue their memorization at home and deposit them the next day before starting learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Wahdah; Hafalan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 01:07 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 01:07 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4274 |
Actions (login required)
View Item |