Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berbantu media flashcard terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya kelas vii di MTs An-Nur Palangka Raya

Widyasari, Emiliasi (2021) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berbantu media flashcard terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya kelas vii di MTs An-Nur Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Emiliasi Widyasari - 1701140471.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan model pembelajaran sebagai proses untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang berlangsung pada kelas VII MTs An-Nur Palangka Raya masih belum optimal. Berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa masalah diantaranya peserta didik cepat merasa bosan sehingga tidak memperhatikan pendidik ketika pembelajaran sedang berlangsung. Suasana di dalam kelas terlihat kurang aktif karena minimnya peserta didik yang ingin bertanya serta menjawab pertanyaan, hal tersebut memperlihatkan interaksi peserta didik yang kurang dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu media Flashcard terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas VII di MTs An-Nur Palangka Raya. Berdasarkan teknik Purposive Sampling ditetapkan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui alat evaluasi berupa test hasil belajar kognitif peserta didik serta lembar pengamatan keaktifan peserta didik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa rata-rata keaktifan peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 65,87% dan kelas kontrol sebesar 61,32% dengan kriteria baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu media Flashcard terhadap keaktifan peserta didik. Pada hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 80,35, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai posttest sebesar 74,03. Hasil penyelidikan Uji Wilcoxon hasil belajar kognitif sebesar 0,017 dengan nilai signifikansi < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu media Flashcard terhadap hasil belajar peserta didik materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya kelas VII MTs An-Nur Palangka Raya.

ABSTRACT
This research is motivated by the importance of using learning models as a process to improve the quality of effective learning. Learning that takes place in class VII MTs An-Nur Palangka Raya is still not optimal. Based on the results of observations, several problems were found, including students quickly felt bored so they did not pay attention to the teacher when learning was taking place. The atmosphere in the classroom looks less active because of the lack of students who want to ask and answer questions, this shows that student interaction is lacking in the learning process. Based on these problems, the goal to be achieved in this study is to determine the effect of the Teams Games Tournament (TGT) cooperative learning model with the help of Flashcard media on the activity and learning outcomes of students on the interaction of living things with their environment.

This research is a quantitative approach using a quasi-experimental method with a Non-Equivalent Posttest Only Control Group Design research design. The population of this research is the seventh grade students at MTs An-Nur Palangka Raya. Based on the purposive sampling technique, class VII A was determined as the experimental class and VII B as the control class. The data in this study were collected through an evaluation tool in the form of a test of students' cognitive learning outcomes and student activity observation sheets.

The results showed that the average activeness of students in the experimental class was 65.87% and the control class was 61.32% with good criteria, so it can be concluded that there is an effect of cooperative learning model type TGT assisted by Flashcard media on student activity. In the experimental class learning outcomes have a posttest mean value of 80.35, while in the control class the posttest average value of 74.03. The results of the Wilcoxon test analysis of cognitive learning outcomes are 0.017 with a significance value of <0.05 so it can be concluded that there is an influence of the TGT type cooperative learning model assisted by Flashcard media on student learning outcomes regarding the interaction of living things with their environment class VII MTs An-Nur Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT; Makhluk Hidup
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:46
Last Modified: 11 Oct 2022 02:46
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4219

Actions (login required)

View Item View Item