Kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran Al-quran hadist pada masa pembelajaran jarak jauh Kelas v MIN 1 Kota Palangka Raya

Aulia, Nisa (2021) Kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran Al-quran hadist pada masa pembelajaran jarak jauh Kelas v MIN 1 Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nisa Aulia_1701170106.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran Al-Quran Hadits pada masa pembelajaran jarak jauh kelas V MIN 1 Kota Palangka Raya. Saat ini tatanan kehidupan manusia sedang mengalami perubahan. Tersebarnya virus Covid-19 (Corona Virus Diseases-19) yang berasal dari Wuhan, China membuat seluruh penjuru harus melakukan seluruh kegiatan dirumah saja, termasuk dengan sekolah. Penyelenggaraan sekolah yang biasanya tatap muka diganti menjadi pembelajaran jarak jauh melalui jaringan internet. Untuk itu para guru dituntut untuk mengkreasikan pembelajaran jarak jauh agar lebih menarik dan peserta didik tetap semangat walau belajar dari rumah. Sangat diperlukan kreativitas guru dalam mengajar untuk mewujudkan suasana belajar yang menyenangkan.

Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran Al-Quran Hadits pada masa pembelajaran jarak jauh kelas V MIN 1 Kota Palangka Raya. 2) Apa kendala guru dalam mengajar mata pelajaran Al-Quran Hadits pada masa pembelajaran jarak jauh kelas V MIN 1 Kota Palangka raya.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek adalah 1 guru Al-Quran Hadits kelas V sedangkan informan adalah kepala sekolah dan 2 orang siswa kelas V. Menggunakan teknik analisis data dengan tahapan redukdi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pada proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh guru menggunakan aplikasi Whatsapp Group, bentuk kreativitas guru dalam mengajar pada masa pembelajaran jarak jauh yaitu; pada kegiatan pendahuluan guru mengirimkan pesan suara atau video: membuat video pembelajaran powerpoint, penilaian dilakukan melalui Whatsapp atau melalui aplikasi CBT, tugas yang diberikan kepada peserta didik dikirim dalam bentuk foto, video dan rekam suara; pada kegiatan penutup guru mengirimkan pesan suara atau video. 2) kendala guru dalam mengajar mata pelajaran Al-Quran Hadits pada masa pembelajaran jarak jauh yaitu; kurangnya dukungan dari orang tua; waktu pembelajaran; guru sulit memantau perkembangan siswa; dan metode pada pembelajaran jarak jauh yang kurang fleksibel.

ABSTRACT

This study discusses the creativity of teachers in teaching Al-Quran Hadith subjects during distance learning in class V MIN 1 Palangka Raya City. Currently the order of human life is undergoing changes. The spread of the Covid-19 virus (Corona Virus Diseases-19) originating from Wuhan, China forced all corners to carry out all activities at home, including schools. The implementation of schools which are usually face-to-face has been replaced by distance learning via the internet. For this reason, teachers are required to create distance learning to make it more interesting and students remain enthusiastic even though they are learning from home. It is very necessary for the creativity of teachers in teaching to create a pleasant learning atmosphere.

The problems raised in this study are: 1) What is the form of teacher creativity in teaching Al-Quran Hadith subjects during distance learning in class V MIN 1 Palangka Raya City. 2) What are the teacher's obstacles in teaching Al-Quran Hadith subjects during the distance learning class V MIN 1 City of Palangka Raya.

The research method used is qualitative. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews and documentation. The subject is a fifth grade Al-Quran Hadith teacher while the informant is the principal and 2 fifth grade students. Using data analysis techniques with data reduction, data presentation and data verification stages.

The results of this study indicate that: 1) in the process of implementing distance learning the teacher uses the Whatsapp Group application, the form of teacher creativity in teaching during the distance learning period is; in the preliminary activity the teacher sends a voice or video message: making a powerpoint learning video, the assessment is carried out via Whatsapp or through the CBT application, the tasks given to students are sent in the form of photos, videos and voice recordings; At the closing activity the teacher sends a voice or video message. 2) the teacher's obstacles in teaching Al-Quran Hadith subjects during the distance learning period, namely; lack of support from parents; learning time; teachers find it difficult to monitor student progress; and methods on distance learning that are less flexible.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pebelajaran jarak jauh
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:15
Last Modified: 07 Oct 2022 07:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4213

Actions (login required)

View Item View Item