Penerapan metode praktik dalam tema 8 keterampilan menari siswa kelas iv di SDN 2 Panarung Kota Palangka Raya

Afriyanti, Miranda (2021) Penerapan metode praktik dalam tema 8 keterampilan menari siswa kelas iv di SDN 2 Panarung Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Miranda Afriyanti - 1701170084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode praktik keterampilan menari siswa pada saat pembelajaran dan bisa melaksanakan praktik sehingga pembelajaran menjadi aktif. Maka dari itu dengan adanya penerapan metode praktik guru dapat menggunakan dan mengetahui keterampilan menari siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode praktik pada pembelajaran SBdP Tema 8 subtema 2 materi menari siswa kelas IV di SDN 2 Panarung? 2) Bagaimana pelaksanaan metode praktik pada pembelajaran SBdP tema 8 subtema 2 keterampilan menari siswa kelas IV di SDN 2 Panarung?

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SDN 2 Panarung Kota Palangka Raya, dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan penerapan metode praktik dimulai dari penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi SbdP, menentukan strategi pembelajaran, langkah-langkah penerapan metode pembelajaran praktik dan menentukan pola lantai. 2) pelaksanaan metode praktik pada pembelajaran SBdP tema 8 subtema 2 keterampilan menari siswa kelas IV di SDN 2 Panarung pada pertemuan pertama guru menjelaskan materi SBdP yang mengenai gerakan-gerakan tari, pertemuan kedua hanya beberapa anak yang dapat melakukan tarian, pertemuan ketiga semua anak dapat melakukan tarian dengan sempurna.

ABSTRACT

This study was aimed to describe the implementation of the student‟s dance skills practice method during learning and can carry out the practice so that learning becomes active. Therefore, with the application of the practical method, the teacher can use and know the students' dancing skills.
The research problem of this study was: 1) How is the planning for the application of practical methods in SBdP learning Theme 8 sub-theme 2 dance material for fourth grade students at SDN 2 Panarung? 2) How is the implementation of the practical method in learning SBdP theme 8 sub-theme 2 dancing skills for fourth grade students at SDN 2 Panarung?

This study used a descriptive qualitative approach conducted at SDN 2 Panarung, Palangka Raya City, with data collection techniques of observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were fourth grade teachers and fourth grade students.

The result of the study was showed that 1) planning for the application of practical methods starts from preparing a lesson plan (RPP), SbdP material, determining learning strategies, steps for implementing practical learning methods, and determining floor patterns. 2) implementation of practical methods in SBdP learning theme 8 sub-theme 2 dance skills of fourth grade students at SDN 2 Panarung at the first meeting the teacher explained the SBdP material regarding dance movements, the second meeting only a few children could do the dance, the third meeting all children could do the dance perfectly.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Praktik, Keterampilan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:35
Last Modified: 07 Oct 2022 02:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4212

Actions (login required)

View Item View Item