Nilai-nilai pendidikan moderasi beragama dalam film animasi upin-ipin

Mawaddah, Noor Atika (2021) Nilai-nilai pendidikan moderasi beragama dalam film animasi upin-ipin. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Noor Atika Mawaddah - 1701112230.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari banyaknya film animasi yang beredar di Indonesia, namun hanya segelintir yang mengedepankan aspek pendidikan dan moderasi beragama kepada anak-anak Salah satu film yang mengandung nilai pendidikan moderasi beragama adalah film animasi Upin Ipin. Upin Ipin merupakan film animasi yang termasuk dalam sastra anak, peneliti memilih film animasi Upin Ipin sebab dapat dijadikan media pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran film berfungsi sebagai media yang dapat mengarahkan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan moderasi beragama yang terkandung di dalam film animasi Upin Ipin. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: apa saja nilai-nilai pendidikan moderasi beragama pada film Animasi Upin Ipin.
Penelitian ini menggunakan metode library research sebagai metode penelitian yang bertujuan untuk menggali informasi melalui penelitian sebelumnya dan memanfaatkan kepustakaan baik secara manual maupun online. Sumber primer yaitu rekaman video film Animasi Upin Ipin produksi Les Copaque serta adegan yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama, juga berbagai sumber lainnya sebagai data sekunder. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis isi (content analysis), yaitu dengan memutar film Animasi Upin Ipin untuk diamati hal-hal yang berkenan dengan moderasi beragama. Kemudian peneliti menganalisis skenario dan dialog maupun isi dari film, serta dihubungkan dengan teori-teori yang relevan

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam film Animasi Upin Ipin terdapat nilai-nilai pendidikan moderasi beragama yang terdiri dari: 1) Nilai tawassuth, mengandung adegan berkomunikasi menggunakan bahasa yang santun, 2) Nilai tawazun, mengandung adegan melaksanakan sholat, melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan adegan kegiatan sehari-hari Upin Ipin, 3) Nilai i’tidal, mengandung adegan mematuhi kewajiban dan menegakkan kebenaran, 4) Nilai tasamuh, mengandung adegan toleransi 5) Nilai musawah 6) Nilai ishlah 7) Nilai aulawiyah, mengandung adegan nilai ibadah sholat, ibadah puasa dan menebarkan salam, serta 8) Nilai tahadhdhur, mengandung adegan tentang etika.

ABSTRACT

Based on a lot of animation movie that spreads in Indonesia, although just a few of them that concern the movie animation on education and religious aspects for children. One of them is animation movie Upin-Ipin. Upin-Ipin is the animation movie that is included by children’s linguistic, the researcher choose Upin-Ipin movie because it can be applied as media of students learning, so that it can direct students while learning process.This study aimed to describe the educational values of religious moderation in animation movie Upin-Ipin. The research problems of the study were: what did the educational values of religious moderation that contain in animation movie Upin-Ipin.

The researcher used library research as a research method that aimed to know the information toward previous research and both manual and online literature. The primer resource was the video recording of the animation movie Upin-Ipin which was produced by Les Copaque, also the scene that included the values of religious moderation, and the other resource as secondary data. While the analyzing data technique was content analysis which was meant to play the animation movie Upin-Ipin to investigate the points that related to religious moderation. Then, the researcher analyzes the scenario and dialog of it and connected it to the relevant theories.

The result of this study showed that there were the educational values of religious moderation in animation movie Upin-Ipin, they were 1) Tawassuth value, it contained the scene of the way of having polite communication, 2) Tawazum value, it contained the scene of the implementation of prayer, fasting on Ramadhan month, and daily activities of Upin-Ipin, 3) I’tidal value, it contained the scene to obey the obligation, and uphold the truth, 4) Tasamuh value, it contained the scene of tolerances, 5) Musawah value, 6) Ishlah value, 7) Aulawiyah value, it contained the scenes of praying, fasting, and spreading greeting, and 8) Tahadhdhur value, it contained the scene of ethic.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai; Pendidikan; Moderasi Beragama
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:49
Last Modified: 22 Sep 2022 06:49
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4184

Actions (login required)

View Item View Item