Perbandingan hasil belajar menggunakan media scrapbook dengan media konvensional mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Mts Darul Ulum Palangka Raya

Sa'diyah, Nurhalimatus (2021) Perbandingan hasil belajar menggunakan media scrapbook dengan media konvensional mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Mts Darul Ulum Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nurhalimatus Sa'diyah - 1701112181.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari hasil wawancara yang peneliti lakukan pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Darul Ulum Palangka Raya diamana terdapat masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa, dikarenakan dalam pembelajaran hanya menggunakan media konvensional yang membuat pembelajaran kurang diminati siswa, oleh karena itu penulis mengunakan media scrapbook dan media konvensional untuk melihat apakah ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi jejak peradaban dinasti abbasiyah kelas VIII di MTs Darul Ulum Palangka Raya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hasil belajar menggunakan media scrapbook, (2) hasil belajar menggunakan media konvensional, (3) perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media scrapbook dan media konvensional.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan B di MTs Darul Ulum Palangka Raya yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk mengukur pencapaian kognitif siswa pada materi jejak peradaban dinasti abbasiyah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t sampel independen.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil pre test di kelas eksperimen dengan menggunakan media scrapbook dipeoleh nilai rata-rata sebesar 55, sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 82, peningkatan nilai pre test dan post test kelas eksperimen sebesar 27, (2) hasil pre test di kelas kontrol dengan menggunakan media konvensional dipeoleh nilai rata-rata sebesar 61,5, sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 76, peningkatan nilai pre test dan post test kelas kontrol sebesar 14,5, (3) dari hasil analisis menggunakan uji t sampel independen diketahui nilai p sebesar 0,039 yang lebih kecil dari ɑ sebesar 0,05 (0,039 < 0,05). Maka keputusan yang diambil dari uji independent sampel t test H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan media scrapbook dengan hasil belajar siswa menggunakan media konvensional pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi jejak peradaban dinasti abbasiyah kelas VIII di MTs Darul Ulum Palangka Raya.

ABSTRACT

This study departs from the results of interviews conducted on Islamic cultural history subjects at MTs Darul Ulum Palangka Raya where there is a problem that is the low student learning outcomes because in learning only using conventional media that makes learning less desirable to students, therefore researchers use scrapbook media and conventional media to see if there are differences in student learning outcomes of Islamic cultural history subjects in MTs Darul Ulum Palangka Raya.

This study aims: (1) learning outcomes using scrapbook media, (2) learning outcomes using conventional media, (3) comparison of learning outcomes using scrapbook media with outcomes using conventional media. This type of research is an quasi-experiment. The study sample totaling 20 students. This sampling technique uses random sampling technique. The instrument used is a matter of multiple choice of 20 questions to measure students’ cognitive achivement on the material traces of Abbasid dynasty civilization. Data collection techniques using test and documentation. The data analysis technique uses is an independent sample t test.

The results showed (1) pre test results in the experimental class using scrapbook media obtained an average score of 55, while the average post test score of 82, an increase in pre test and post test score of 27, (2) pre test results in the control class using conventional media obtained an average score of 61,5, while the average post test score of 76, an increase in pre test and post test score of 14,5, (3) the results of the analysis using the independent sample t test, found the p value is 0,039 is smaller than ɑ 0,05 ( p < 0,05), then the decision taken from the independent sample t test H0 is rejected and Ha is accepted. That there is a significant difference between student learning using scrapbook media and student learning using conventional media in the history of Islamic cultural subjects traces Abbasid dynasty civilization class VIII at MTs Darul Ulum Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Perbandingan Hasil Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:51
Last Modified: 20 Sep 2022 01:51
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4171

Actions (login required)

View Item View Item