Manajemen kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Murung Raya

Amrullah, Amrullah (2021) Manajemen kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Murung Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Amrullah - 19013266.pdf

Download (1MB)

Abstract

MAN 1 Murung Raya merupakan madrasah yang unggul diberbagai bidang kegiatan baik akademik maupun non akademik terbukti dengan banyaknya prestasi yang diraih baik tingkat satuan pendidikan, kabupaten maupun tingkat provinsi. Kegiatan ekstrakurikuler MAN 1 Murung Raya merupakan salah satu kegiatan yang berhasil menyumbang banyak penghargaan dibidang non akademik, untuk itu penulis tertarik untuk mengetahui meneliti lebih dalam bagaimana manajemen kegiatan esktrakurikuler MAN 1 Murung Raya

Rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Murung Raya ditinjau dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pemotivasian, pengawasan dan penilaian kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Murung Raya.

Subjek pada penelitian ini adalah LA (Kepala MAN 1 Murung Raya), Informan terdiri dari HA (Wakamad Kesiswaan), FA (Wakamad Kurikulum), FY (Pembina Ekstrakurikuler) dan AN (Siswa MAN 1 Murung Raya). Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang sifatnya deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumen sedangkan untuk menganalisa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru. Hal yang direncanakan adalah dengan menetapkan tujuan kegiatan, membuat program kerja, dan menentukan target pembinaan kegiatan esktrakurikuler. (2) Pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler meliputi: pembagian tugas dan tanggung jawab berdasarkan Surat Keputusan (SK), penentuan pelatih kegiatan esktrakurikuler, penjadwalan kegiatan ekstrakurikuler dan sistem rekrutmen peserta melalui penyebaran angket kepada peserta didik dengan memilih ekstrakurikuler wajib dan pilihan sesuai bakat dan minat. (3) Pemotivasian kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan pemberlakuan reward dan punishman, pembenahan sarana dan prasana ekstrakurikuler, siswa didiorong untuk mengikuti berbagai ajang lomba. (4) Pengawasan kegiatan esktrakurikuler dilakukan untuk untuk mengawasi dan mengamati jalannya kegiatan ekstrakurikuler, memberikan penilaian terhadap pencapaian kegiatan ekstrakurikuler dan mengidentifikasi permasalahan dan memberikan solusi. (5) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler, hal yang dievaluasi meliputi target yang telah ditetapkan, seperti target juara yang ingin diraih madrasahah. Jumlah pertemuan, partisipasi siswa dan hasil dari pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler.

ABSTRACT

MAN 1 Murung Raya is a school that excels in various fields of academic and non-academic activities as evidenced by the many achievements both at the educational unit, district and provincial levels. The extracurricular activity of MAN 1 Murung Raya is one of the activities that has successfully contributed to many awards in the non-academic field, for that I am interested in looking deeper into how the management of extracurricular activities in MAN 1 Murung Raya.

The formulation of the problem studied in this research is extracurricular activities at MAN 1 Murung Raya in terms of planning, organizing, motivating, controling and evaluating of extracurricular activities at MAN 1 Murung Raya.

Subjects in this study was LA (Head of MAN 1 Murung Raya), the informants consisted of HA (Deputy Principal of Student Affairs), FA (Deputy Principal of Curriculum), FY (Extracurricular Advisor) and AN (Student of MAN 1 Murung Raya). The approach in this research is a qualitative approach which is descriptive in nature using interview, observation and document techniques while to analyze the validity of the data using the triangulation technique of sources and methods.

The results showed: (1) Planning extracurricular activities carried out at the beginning of each new academic year. What is planned is to set activity objectives, create work programs, and determine targets for coaching extracurricular activities. (2) Organizing extracurricular activities includes: division of tasks and responsibilities based on a Decree (SK), determining coaches for extracurricular activities, scheduling extracurricular activities and a participant recruitment system through distributing questionnaires to students by choosing compulsory and optional extracurricular activities according to their talents and interests. (3) Motivating extracurricular activities is carried out by implementing rewards and punishman, improving extracurricular facilities and infrastructure, students being encouraged to participate in various competitions. (4) Supervision of extracurricular activities is carried out to supervise and observe the course of extracurricular activities, provide an assessment of the achievement of extracurricular activities and identify problems and provide solutions. (5) Evaluation of extracurricular activities, the things that are evaluated include the targets that have been set, such as the target of winning the madrasa. Number of meetings, student participation and the results of extracurricular learning activities.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Ekstrakurikuler
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:58
Last Modified: 13 Jul 2022 03:58
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4027

Actions (login required)

View Item View Item