Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan siswa menterjemah hadits ciri-ciri orang munafik di MIN 2 Kotawaringin Timur

Ilaina, Sonia Nur (2021) Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan siswa menterjemah hadits ciri-ciri orang munafik di MIN 2 Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Sonia Nor Ilaina - 1701112154.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan ialah proses belajar mengajar yang bertujuan untuk tercapainya pembelajaran, melalui pendidikan setiap peserta didik difasilitasi, dibimbing dan dibina. Dalam proses pembelajaran perlu adanya media agar peserta didik menjadi lebih aktif, kreatif serta semangat dalam mengikuti pembelajaran. Adapun permasalahan yang diangkat ialah : (1) Bagaimana kemampuan siswa menterjemah dalam hadits ciri-ciri orang munafik sebelum penggunaan media puzzle kelas V di MIN 2 Kotawaringin Timur?, (2) Bagaimana kemampuan siswa menterjemah pada materi hadits ciri-ciri orang munafik sesudah penggunaan media puzzle kelas V MIN 2 Kotawaringin Timur?, (3) Bagaimana peningkatan kemampuan siswa menterjemah pada materi ciri-ciri orang munafik menggunakan media puzzle di kelas V MIN 2 Kotawaringin Timur?.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa kelas V/B di MIN 2 Kotawaringin Timur. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes pilihan ganda dengan 10 soal untuk mengukur kemampuan menterjemah siswa dengan teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Pengabsahan instrumen yaitu validitas dan reliabilitas, analisis data menggunakan rumus uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan penggunaan media puzzel dalam kemampuan menterjemah siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan siswa dalam menterjemah hadist ciri-ciri orang munafik sebelum penggunaan media puzzle dengan nilai pre-test 34,44 masuk dalam kategori kurang. (2) kemampuan menterjemah siswa setelah penggunaan media puzzle dengan nilai post-test75,56 dengan kategori baik (3) berdasarkan dari analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media puzzle, dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0.000 < 0.05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

ABSTRACT

Education is a teaching and learning process aimed at achieving learning; each learner is facilitated, guided, and developed through education.It is vital to have media in the learning process so that kids become more engaged, creative, and enthusiastic about learning. (1) How is students' ability to translate the hadith on the characteristics of hypocrites before using the fifth grade puzzle media at MIN 2 Kotawaringin Timur? (2) How is students' ability to translate the hadith material on the characteristics of hypocrites after using the media puzzle class V MIN 2 Kotawaringin Timur? (3) How can students in class V MIN 2 Kotawaringin Timur improve their capacity to translate content about hypocrites' characteristics using puzzle media?

This study used descriptive quantitative methods, with 18 students from class V/B at MIN 2 Kotawaringin Timur as the sample. The tool utilized in this study was a ten-question multiple-choice test to assess students' translation abilities, with data gathering approaches including observation and documentation. Data analysis using the N-Gain test formula to measure the increase in the use of puzzle media in students' translating skills.

The findings revealed that: (1) students' ability to translate hadith features of hypocrites before using puzzle media was inadequate, with a pre-test score of 34.44. (2) students' ability to translate after using puzzle media, with a post-test score of 75.56 in the good category (3) based on hypothesis testing analysis, there is a significant increase before and after using puzzle media, with a significance value (2-tailed) of 0.000 < 0.05, indicating that Ha is accepted and Ho is rejected.
Keywords : Media Puzzle, Ability, Hadith

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:39
Last Modified: 13 Jul 2022 03:39
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4025

Actions (login required)

View Item View Item