Pengaruh kebijakan limit saldo terhadap kepuasan nasabah pada akad wadi’ah di perbankan syariah Kota Palangka Raya

Pratiwi, Eva (2021) Pengaruh kebijakan limit saldo terhadap kepuasan nasabah pada akad wadi’ah di perbankan syariah Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Eka Pratiwi - 1704110131.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank sudah menjadi lembaga keuangan yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat, termasuk mahasiswa. Perbankan syariah Bank syariah adalah bank yang kegiatannya mengacu pada hukum islam, dan dalam kegiatannya tidak membebankan bunga maupun tidak membayar bunga kepada nasabah. Setiap bank mempunyai limit saldo yang ditawarkan kepada nasabahnya hal tersebut membuat daya tarik tersendiri bagi setiap nasabah agar nasabah yang menabung mendapatkan kepuasan yang diinginkan bagi setiap nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minat menabung diperbankan syariah dalam konteks limit saldo terhadap kepuasan nasabah pada akad wadi’ah dikota Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kombinasi (mixed methods) model urutan penemuan analisis kuantitatif dan kualitatif (Sequantial Explanatory). Objek penelitian yang digunakan yaitu mahasiswa Jurusa Ekonomi Islam, FEBI IAIN Palangka Raya angkatan 2017 yang menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 3 dan Bank Muamalat Palangka Raya dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden dengan menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai alat pengumpulan data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa minat menabung diperbankan syariah berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah pada akad wadi’ah di kota palangka raya denga nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai f_hitung sebesar 13,579 > f_tabel sebesar 7,02. Data kuantitatif tersebut didukung dengan hasil wawancara kepada beberapa responden yang menyatakan bahwa minat menabung di perbankan syariah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada akad wadi’ah. Dengan demikian data kualitatif ini memperkuat data kuantitatif dan memperluas data kuantitatif.

ABSTRACT

Bank is an financial institutional that cannot be separated from society, including students. Islamic Bank is a bank that in its activity refers to Islamic law, and in its activity not expense interest and also do not pay the interest to the customers. Every single bank has balance limit that offer to their customer and become their own attractiveness for the customer so the customer that saving to get satisfaction that customer wants. The research objective was to know the saving interest at Islamic banking in balance limit context toward customers’ satisfaction on akad wadi’ah in Palangka Raya.

This research used mixed methods between quantitative analysis finding and qualitative (Sequential Explanatory). The research objects were Economic Islam department students, FEBI IAIN Palangka Raya generation of 2017 that became customer at Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 3 and Bank Muamalat Palalngka Raya with total sample 70 students and used questionnaire and interview as data collection instruments.

The result showed that saving interest at Islamic bank had positive effect toward customers’ satisfaction on akad wadi’ah in Palangka Raya with significance value 0.001<0.005 and fobserved 13.479 > ftable 7.02. Qualitative data supported by interview result to some respondents which stated that saving interest at Islamic bank had effect toward customers’ satisfaction on akad wadi’ah. So this qualitative data reinforce and expand quantitative data.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:48
Last Modified: 23 Jun 2022 03:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3989

Actions (login required)

View Item View Item