Pelaksanaan pm 2 mahasiswa ftik IAIN Palangka Raya di SMP IT Al-Ghazali pada masa pandemi

Istikamah, Istikamah (2021) Pelaksanaan pm 2 mahasiswa ftik IAIN Palangka Raya di SMP IT Al-Ghazali pada masa pandemi. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Istikamah - 1701112182.pdf

Download (1MB)

Abstract

Praktik Mengajar 2 yang merupakan kegiatan pelatihan dan bimbingan bagi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing. PM 2 merupakan tidak lanjut dari kegiatan Prakti Mengajar 1 yang dilaksanakan dalam bentuk real teaching di sekolah/madrasah. Tetapi seperti yang kita ketahui bersama adalah adanya pendemi yang membuat pembelajaran dalam jaringan (daring) sebagai sebuah upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus. Hal ini juga membuat PM 2 harus menyesuaikan dengan protocol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga pelaksanaan PM 2 yang awalnya dua belas kali pertemuan diminimalisir menjadi empat kali pertemuan. Adapun rumusan masalah dalam peneliti ini adalah: 1) Bagaimana proses pelaksanaan PM 2 mahasiswa di SMP IT Al-Ghazali pada masa pandemi? 2) Apa saja kendala saat Pelaksanaan PM 2 di SMP IT Al-Ghazali pada masa pandemi?.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan mahasiswa PM 2 di SMP IT Al-Ghazali pada masa pendemi dan untuk mengetahui kendala saat Pelaksanaan PM 2 di SMP IT Al-Ghazali pada masa pandemi.

Penelitian ini merupakan penelitian proses dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini berfokus pada pelaksanaan PM 2 di SMP IT Al-Ghazali. Subjek yang digunakan peneliti berjumlah 4 orang mahasiswa yang melaksanakan PM 2 di SMP IT Al-Ghazali, informaan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang yang terdiri dari 1 dosen pembimbing dan 1 guru pamong. Adapun teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi Sumer dan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktik mengajar dua pada masa pandemi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan adalah: 1) Proses pelaksanaan praktik mengajar dua dimasa pandemi ini yaitu secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom untuk penyampaian materi dan aplikasi Classroom untuk pengumpulan tugas. Adapun proses pembuatan RPP pada masa pandemi covid-19 yaitu proses yang dilakukan mahasiswa dengan guru pamong dan dosen pembimbing dalam pembuatan RPP yang pertama mahasiswa membuat RPP secara mendiri sesuai dengan sekolah tersebut, kedua mahasiswa datang secara langsung ke sekolah untuk konsultasi/meminta arahan dan bimbingan dari guru pamong untuk pembuatan RPP. 2) Kendala saat pelaksanaan praktik mengajar adalah tidak semua siswa ikut dalam pelaksanaan pembelajaran serta jaringan yang kurang stabil.

ABSTRACT

Teaching practice is a training and guiding activity for students as candidate of teacher and education staff according each of their scientific discipline, Teaching Practice 2 is a follow up from Teaching Practice 1 which implemented in real teaching at school. But as we know there is pandemic tha make online learning as an effort to cut off the spread of virus. This thing make Teaching Practice 2 should adapted with health protocol that decided by government, so the implementation of Teaching Practice 2 that had twelve meetings in the beginning should be four meeetings. The research problems were: 1) How was the implementation process of Teaching Practice 2 at SMP IT Al-Ghazali during pandemic? 2) What were the problems when implemented Teaching Practice 2 at SMP IT Al-Ghazali during pandemic.

The research objectives were to know the implementation process of Teaching Practice 2 at SMP IT Al-Ghazali during pandemic and to know the problems when Teaching Practice 2 at SMP IT Al-Ghazali during pandemic.

This research was qualitative method, and focused on the implementation Teaching Practice 2 at SMP IT Al-Ghazali. The subject were 4 students that implemented Teaching Practice 2 at SMP IT Al-Ghazali, there were two teachers that consisted of one supervisor and one teacher. While data validation technique was source and triangulation technique, data collection techniques were observation, interview and documentation.

The result showed that the of teaching practice 2 implementation during pandemic in FTIK were: 1) The implementation process of Teaching Practice 2 during pandemic must be online by used Zoom application to conveyed the material and used Google Classroom to collect the assignment. While the process when make lesson plan during Covid-19 pandemic, first the students make lesson plan independently and second the students came to school to ask guidance from teacher to make lesson plan. 2) The problems when implemented Teaching Practice 2 was not all students follow online learning and unstable network.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Praktik mengajar; pembelajaran; masa pandemi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:57
Last Modified: 20 Jun 2022 07:57
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3968

Actions (login required)

View Item View Item