Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap siswa menghindari perilaku menyimpang pada MTs Darul Hikam Kotawaringin Barat

Syafrin, Syafrin (2021) Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap siswa menghindari perilaku menyimpang pada MTs Darul Hikam Kotawaringin Barat. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Syafrin - 19016147.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual bagi seorang anak untuk menghadapi kehidupan, terutama dalam hal menghindarkan anak dari prilaku menyimpang. Sedikitnya pelanggaran yang terjadi di MTs Darul Hikam Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat merupakan suatu gambaran tingkat kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh oleh para siswa. Tujuan: 1) Mengetahui kecerdasan emosional 2) Mengetahui kecerdasan kecerdasan spiritual, 3) Mengetahui sikap siswa menghindari perilaku menyimpang, 4) Menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap siswa menghindari perilaku menyimpang, 5) Menganalisis pengaruh kecerdasan kecerdasan spiritual terhadap sikap siswa menghindari perilaku menyimpang dan 5) Menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap siswa menghindari perilaku menyimpang pada Siswa MTs Darul Hikam Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat.

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kua ntitatif yang dilakukan di MTs Darul Hikam Sampel penelitian ini berjumlah 75 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket, pengabsahan data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, pengujian hepotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan regresi linear berganda.

Hasil: 1) Siswa MTs Darul Hikam Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat rata-rata memiliki kecerdasan emosial dalam kategori baik, 2) Siswa MTs Darul Hikam Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki kecerdasan spiritual yang baik, 3) Siswa MTs Darul Hikam Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat sudah memiliki sikap yang baik dalam menghindari prilaku menyimpang, 4) Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap sikap siswa menghindari perilaku menyimpang di siswa MTs Darul Hikam Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat yang ditunjukan dengan nilai sig 0.000 dan nilai t hitung 8.083, 5) Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap sikap siswa menghindari perilaku menyimpang di siswa MTs Darul Hikam Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat yang ditunjukan dengan nilai sig 0.000 dan nilai t hitung 5.519, 6) Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual bersama-sama secara simultan dan positif berpengaruh terhadap sikap siswa menghindari perilaku menyimpang di siswa MTs Darul Hikam Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat yang ditunjukan dengan nilai sig 0.000 dan nilai F sebesar 34.808.

ABSTRACT

This research background is the importance of emotional and spiritual intelligence for children to face the real life, especially avoiding them from deviant behavior. A few infractions that happened in that school is a description of emotional and spiritual intelligence level that students had already good. This thing became a problem that worth to be researched so can be used as reference for other school. The objectives were :1) Knew the emotional intelligence, 2) Knew the spiritual intelligence, 3) Knew the students’ attitude in avoiding deviant behavior, 4) Analyzed the effect of emotional intelligence toward students’ attitude in avoiding deviant behavior, 5) Analyzed the effect of spiritual intelligence toward students’ attitude in avoiding deviant behavior, 6) Analyzed the effect of emotional and spiritual intelligence toward students’ attitude in avoiding deviant behavior in that school.

This research was quantitative and did in MTs Darul Hikam. Population were 75 students, sample collection technique used Total Sampling so the sample were 75 students. Data collection technique used observation and interview, data validation technique used normality and homogeneity test, while hypothesis testing used t-test and multiple linear regression.

The result showed that: 1) Average students in this school had good emotional intelligence. 2) Average students also had good spiritual intelligence. 3) Students in this school had good attitude in avoiding deviant behavior, 4) Emotional intelligence had effect on students’ attitude in avoiding deviant behavior at MTs Darul Hikam Pangkalan Banteng Sub-district Kotawaringin Regency that showed by significance value 0.000 and tobserved 8.083, 5) Spiritual intelligence had effect on students’ attitude in avoiding deviant behavior at MTs Darul Hikam Pangkalan Banteng Sub-district Kotawaringin Regency that showed by significance value 0.000 and tobserved 5.519, 6) Emotional and spiritual intelligence simultaneously and positive effect toward students’ attitude in avoiding deviant behavior at MTs Darul Hikam Pangkalan Banteng Sub-district Kotawaringin Regency that showed by sig. value 0.000 and Fobserved 34.808.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan spiritual; Kecerdasan emosional
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:51
Last Modified: 15 Jun 2022 01:51
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3949

Actions (login required)

View Item View Item