Eksistensi dan implementasi nilai-nilai khiyar pada marketplace jual beli daring di situs bukalapak

Erfan, Muhammad (2021) Eksistensi dan implementasi nilai-nilai khiyar pada marketplace jual beli daring di situs bukalapak. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS MUHAMMAD ERFAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstract

Bukalapak merupakan salah satu marketplace jual beli daring yang cukup besar di Indonesia. Jual beli daring di Bukalapak tidak selalu berjalan baik, ada saja oknum-oknum tertentu baik penjual maupun pembeli yang tidak mematuhi aturan dalam melakukan transaksi. Untuk menangani masalah tersebut, Bukalapak memfasilitasi pembeli dan penjual untuk melanjutkan transaksi atau membatalkannya, di mana pembatalan dapat dilakukan sebelum produk diproses bahkan dapat mengajukan komplain setelah produk sampai ke alamat pembeli. Fasilitas ini mirip dengan hak khiyar pada aturan dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengeksplorasi tentang eksistensi, implementasi dan tinjauan shariah compliance tentang nilai-nilai khiyar pada sistem marketplace Bukalapak.

Penelitian ini merupakan library research, data disajikan dalam bentuk deskriptif atau naratif. Objek penelitian ini adalah situs marketplace jual beli Bukalapak. Data primer diperoleh langsung dari situs Bukalapak sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi yang dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, nilai-nilai khiyar ada dan eksis pada proses transaksi di sistem Bukalapak berupa: 1) fasilitas pengajuan pembatalan transaksi setelah pembayaran atau sebelum diproses oleh pelapak, dan 2) fasilitas tombol konfirmasi penerimaan dan pengajuan komplain setelah produk sampai kepada pembeli. Kedua, nilai-nilai khiyar yang terimplementasi pada sistem Bukalapak adalah: 1) nilai-nilai khiyar majelis yang berlangsung sejak proses pembatalan oleh pembeli setelah pembayaran transaksi sampai dengan proses persetujuan atau penolakan pembatalan oleh pelapak, dan 2) nilai-nilai khiyar syarat sekaligus mengikat khiyar-khiyar lainnya yang berlangsung sejak produk diterima di alamat pembeli untuk dikonfirmasi atau diajukan komplain sampai dengan persetujuan atau penolakan komplain atau sampai disepakatinya solusi komplain antara pembeli dan pelapak. Ketiga, tinjauan shariah compliance menggunakan tiga standar aturan yaitu fatwa DSN-MUI, KHES dan Standar Syariah AAOIFI ditemukan adanya kesesuaian syariah pada pelaksanaan nilai-nilai khiyar di sistem Bukalapak.

ABSTRACT

Bukalapak is one of the largest online trading marketplaces in Indonesia. Online trading at Bukalapak does not always go well, there are certain elements, both sellers and buyers who do not comply with the rules in conducting transactions. To overcome this problem, Bukalapak facilitates buyers and sellers to continue the transaction or cancel it, where cancellation can be made before the product is processed and can even ask for a complaint after the product arrives at the buyer's address. This facility is similar to the khiyar rights in the rules of Islamic Economics. This study aims to examine and explore the existence, implementation and review of shariah compliance about khiyar values in the Bukalapak marketplace system.

This research is library research, the data are presented in descriptive or narrative form. The object of this research is the Bukalapak online trading marketplace site. Primary data was obtained directly from the Bukalapak website while secondary data was obtained from other sources using documentation data collection techniques and then analyzed using the Miles and Huberman model.

The results of this study indicate that first, khiyar values exist in the transaction process in the Bukalapak system on: 1) the transaction cancellation request facility after payment or before it is processed by the seller, and 2) the confirmation button facility for receiving and submitting a complaint after the product is received by the buyer. Second, the khiyar values implemented in the Bukalapak system are: 1) the khiyar majelis values which starts from the cancellation request by the buyer after the transaction payment until the process of approval or rejection of the cancellation request by the seller, and 2) the khiyar syarat values by binding other khiyar starting from the time the product is received at the buyer's address to confirm or submit a complaint until there is an approval or rejection of the complaint, or until a complaint solution is agreed between the buyer and the seller. Third, the review of shariah compliance with khiyar values in the Bukalapak system uses three regulatory standards, namely the DSN-MUI fatwa, KHES and AAOIFI Shariah Standards and found the existence of shariah compliance in the implementation of the values of the khiyar majelis and khiyar syarat in the Bukalapak system

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai khiyar; shariah compliance; marketplace
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 14 Dec 2021 09:01
Last Modified: 14 Dec 2021 09:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

View Item View Item