Penerapan model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) berbasis praktikum pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas x

Andini, Vira (2021) Penerapan model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) berbasis praktikum pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas x. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI VIRA ANDINI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertolak dari hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik di kelas X MA Darul Ulum Palangka Raya yang masih tergolong rendah berdasarkan hasil wawancara, yaitu sekitar 40% hasil belajar peserta didik yang masih rendah pada mata pelajaran Biologi, dilihat dari nilai ulangan tengah semester. Oleh karena itu, diterapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis praktikum khususnya pada materi pencemaran lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran menggunakan model CTL berbasis praktikum, (2) mendeskripsikan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran menggunakan model CTL berbasis praktikum, (3) mendeskripsikan keterterapan model pembelajaran CTL berbasis praktikum terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.

Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 MA Darul Ulum Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021, sampel penelitian ini adalah semua anggota populasi yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk mengukur motivasi belajar sebelum dan sesudah pembelajaran, instrumen tes untuk mengukur hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah pembelajaran, dan instrumen lembar observasi keterterapan pembelajaran untuk menilai keterterapan model pembelajaran CTL berbasis praktikum pada guru. Data penelitian dinalisis dengan uji parametrik Paired sample t-test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran dengan model CTL berbasis Praktikum sedikit sekali mengalami peningkatan berdasarkan nilai Gain yaitu 2,04 dengan kategori rendah. (2) hasil belajar kognitif peserta didik mengalami peningkatan dan berdasarkan perhitungan uji-t yaitu 0,004 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara Pretest dan Posttest namun secara klasikal hasil belajar kognitif masih belum tuntas dengan ketuntasan sebesar 45,83%, (3) keterterapan model pembelajaran CTL berbasis praktikum sangat baik, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pertemuan pertama terterap 5,66% dan pertemuan kedua terterap 5,86% . Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CTL berbasis Praktikum masih belum dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas X MA Darul Ulum Palangka Raya.

ABSTRACT

This study departs from the learning outcomes and learning motivation of students in class X MA Darul Ulum Palangka Raya which is still relatively low based on the results of interviews, which is about 40% of student learning outcomes which are still low in Biology subjects, seen from the mid-semester test scores. Therefore, a practicum-based CTL (Contextual Teaching and Learning) learning model is applied, especially on environmental pollution material. The objectives of this study are: (1) to describe the learning motivation of students in learning using a practicum-based CTL model, (2) to describe students' cognitive learning outcomes in learning using a practicum-based CTL model, (3) describe the applicability of the practicum-based CTL learning model to the motivation and learning outcomes of students on environmental pollution material.

The method in this study is quantitative, with the type of research being Pre-Experimental Design and the research design of One Group Pretest-Posttest Design. The research population was all students of class X semester 2 of MA Darul Ulum Palangka Raya for the 2020/2021 academic year, the sample of this study was all members of the population, totaling 24 students. This study uses a questionnaire instrument to measure learning motivation before and after learning, a test instrument to measure cognitive learning outcomes before and after learning, and a learning applied observation sheet instrument to assess the applicability of the practicum-based CTL learning model to teachers. The research data were analyzed by using the Paired sample t-test parametric test.

The results of this study indicate that: (1) the learning motivation of students in learning with the CTL model based on Practicum has slightly increased based on the Gain value, which is 2.04 in the low category. (2) students' cognitive learning outcomes have increased and based on the t-test calculation, namely 0.004 < 0.05 which indicates there is a significant difference between the Pretest and Posttest but classically cognitive learning outcomes are still not complete with completeness of 45.83%, (3) the applicability of the practicum-based CTL learning model is very good, this is evidenced by the average value of the first meeting is 5.66% and the second meeting is 5.86%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CTL, Berbasis Praktikum, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 17 Nov 2021 08:25
Last Modified: 17 Nov 2021 08:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3593

Actions (login required)

View Item View Item