Setiowati, Alin (2021) Dampak dan strategi Bank Muamalat dalam menghadapi pinjaman online di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Alin Setiowati - 170411070.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pinjaman online merupakan jenis jasa keuangan yang berbentuk dari sebuah aplikasi atau peminjaman yang dilakukan secara online. Pinjaman online yang sedang marak diperbincangkan di masyarakat ini sangat mempengaruhi beberapa masyarakat. Hal ini dikarenakan kebutuhan ekonomi mereka yang terbilang sulit dan membutuhkan dana secara mendesak. Oleh sebab itu jika melakukan peminjaman atau pembiayaan pada bank akan menjadi kesulitan karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh nasabah. Jadi, secara tidak langsung mereka mengambil jalan pintas untuk meminjam dana secara online melalui sebuah aplikasi, karena pada pinjaman online ini hanya membutuhkan data diri dan KTP sebagai persyaratan. Oleh karena itu pinjaman online ini sangat memberikan manfaat bagi beberapa pengguna pinjaman online. Penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan yaitu: 1) Dampak pinjaman online terhadap Bank Muamalat di kota Palangka Raya; dan 2) Strategi Bank Muamalat di kota Palangka Raya dalam menghadapi tingkat perkembangan pinjaman online yang cukup tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun untuk subjek penelitian ini adalah manager dari bidang pembiayaan serta 6 (enam) orang informan yaitu dari pengguna pinjaman online. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik data observasi, interview, dan dokumentasi. Penelitian ini juga dilakukan dengan analisis teoritis yang mendalam dengan teori dampak, teori strategi, teori pinjaman. Penelitian ini juga dilakukan dengan memahami konsep dari pembiayaan pada bank syariah, dan konsep pinjaman online.
Hasil penelitian ini menmunjukkan bahwa (1) dampak dari pinjaman online ini secara umum pada Bank Muamalat masih belum ada, akan tetapi pinjaman online ini secara langsung lebih berdampak pada penggunanya; (2) strategi yang digunakan oleh Bank Muamalat untuk meningkatkan perkembangan nasabah ialah melalaui pressing yang murah, kemudian melalui SLA (Service Level Agreement) atau memberikan pelayanan yang cepat terhadap nasabah, selain itu juga sosialisasi kebeberapa unit usaha untuk melakukan kerja sama dalam hal gajih karyawan dan pembiayaan pada Bank Muamalat.
Abstract
Online loans are a type of financial services in the form of an application or loan made online. Online loans that are being discussed in this community greatly affect some communities. This is because their economic needs are quite difficult and require urgent funding. Therefore, if lending or financing to the bank will be difficult because many requirements must be met by the customer. So, indirectly they take a shortcut to borrow funds online through an application, because on this online loan only requires personal data and ID card as a requirement. Therefore this online loan greatly provides benefits for some online loan users. This research is focused on two problems, namely: 1) The impact of online loans on Bank Muamalat in palangka raya city; and 2) Bank Muamalat's strategy in Palangka Raya city in dealing with the high level of online loan development.
This research is a field research using descriptive qualitative research approach. As for the subject of this study is the manager of the field of financing as well as 6 (six) informants, namely from online loan users. Data collection techniques in research using observation data techniques, interviews, and documentation. This research was also conducted with in-depth theoretical analysis with impact theory, strategy theory, loan theory. This research was also conducted by understanding the concept of financing at sharia banks, and the concept of online lending.
The results of this study show that (1) the impact of this online loan in general on Bank Muamalat still does not exist, but this online loan directly has more impact on its users; (2) The strategy used by Bank Muamalat to improve customer development is through cheap pressing, then through SLA (Service Level Agreement) or provide fast service to customers, in addition to socialization of several business units to cooperate in terms of employee salaries and financing at Bank Muamalat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bank Muamalat; Dampak; Strategi ;Pinjaman Online |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012717 al-‘Ariyah (Pinjam-meminjam) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 04:35 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 04:35 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3547 |
Actions (login required)
View Item |