Irsyad, Dina Mahabbah (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis microsoft office power point 2019 Pada mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
| ![[img]](http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Dina Mahabbah Irsyad - 1501112013.pdf Download (3MB) | 
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah lebih cenderung   kepada   penggunaan   buku   paket   yang   disediakan   oleh   sekolah, seharusnya dala memberikan penjelasan  diperlukan visualisasi.  Untuk mengatasi hal ini diperlukan pengembangan  media microsoft office power point 2019 yang kreatif dan inovatif agar menarik perhatian peserta didik. Keterbatasan media yang digunakan pada pembelajaran inilah yang menjadi acuan peneliti untuk mengembangkan  pengembangan  media berbentuk  microsoft  office power  point
2019.  Rumusan  masalah  dalam  penelitian  ini  adalah  (1)  Bagaimana  tahapan• tahapan pengembangan media microsoft office power point 2019 pada mata pelajaran  Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah  Palangka Raya (2) Bagaimana kelayakan penggunaan  media   aplikasi microsoft office power point
2019 mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka
Raya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan  media menggunakan  aplikasi microsoft  office power point 2019 pada mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya (2) Untuk mengatahui kelayakan media microft office power point 2019 yang digunakan pada mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan  menggunakan  model  ADDIE,  model  ADDIE  melalui  5  tahapan  yaitu analisis, desain, pengembangan,implementasi dan evaluasi. Sementara dalam penelitian  ini  peneliti  menggunakan  4  tahapan  prosedur  pengembangan  yaitu melalui analisis, desain, pengembangan dan implementasi. Untuk mengetahui kualitas  produk  yang  dikembangkan,  diperlukan  data  kuantitatif berupa  skor tanggapan tentang kualitas produk dari ahli materi dan ahli media serta guru dan siswa. Hasil penelitian  ini menunjukkan  bahwa pengembangan  media microsoft office power point 2019 pada mata pelajaran Al-Islam  siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya memiliki kategori kelayakan "sangat baik" hal ini didasarkan  pada perolehan  persentase  menggunakan  skala  likert. Adapun  hasil validasi  dan uji  coba  diantaranya  a) Validasi  ahli materi  menyebutkan  bahwa persentase akhir yang diperoleh 94% dengan kriteria sangat baik; b) Validasi ahli media menyebutkan  bahwa persentase  akhir yang diperoleh90%  dengan kriteria sangat baik; c) uji coba kelompok kecil dari tiga responden 84% dengan kriteria sangat baik.
Abstract
Implementation of learning Al-Islam in Junior high school Muhammadiyah more inclined to use package book provided by school, visualization  should be needed   in   providing   explanations.   Resolving   this   matter   required   media development microsoft office power point 2019 creative ones and innovative  in order to attract attention learners.  Limitation of media used on learning becomes reference researchers to develop the development media designed from microsoft office power point 2019. Research problems are ( 1) How stages media development microsoft office power point 2019 on subjects Al-Islam to VIII grade students in SMP  Muhammadiyah   Palangka   Raya   (2)  How   appropriateness   media   use application  microsoft  office power  point  2019  subject  Al-Islam  to VIII  grade students  in SNP Muhammadiyah  Palangka  Raya.  This research  aims to (1) To describe process media development use aplications microsoft office power point
2019 on subjects Al-Islam to VIII grade student in SMP Muhammadiyah Palangka Raya (2) To know appropriateness  media microsoft office power point 2019 on subjects Al-Islam to VIII grade students in SMP Muhammadiyah Palangka Raya. This research using method research and development  with use model ADDIE, namely analysis, design, development and implementation. Procedure development through  four  stages  to  know  product  quality  was  developed,   required  data quantitative in the form of a score feedback about product quality from material expert and media expert as well as teachers and students.  The results of the study shows development microsoft office power point 2019 on subjects Al-Islam to VIII grade   students   in   SMP   Muhammadiyah   Palangka   Raya   have   categories appropriateness "very good", this mater based on presentation acequisition using a scale  likert  as  for the result  validation  and tasting  among  them  a) Validation material expert mention that final presentation which is obtained 94% by criteria very good;  b) Validation  media expert mention that final presentation  which is obtained 90% by criteria very good; c) Testing small group from three respondents
84% by criteria very good.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media ; Pembelajaran ; Microsoft Office Power Point 2019 | 
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com | 
| Date Deposited: | 03 Sep 2021 08:02 | 
| Last Modified: | 03 Sep 2021 08:07 | 
| URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3501 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        