Pembelajaran tematik tentang keterampilan membaca dengan menggunakan media gambar di kelas 1 MIS Darul Ulum Kota Palangka Raya

Anggi, Fitria (2020) Pembelajaran tematik tentang keterampilan membaca dengan menggunakan media gambar di kelas 1 MIS Darul Ulum Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Fitria Anggi - 1501170024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang ada beberapa masalah di dalam penelitian ini, bahwa jumlah siswa kelas I ada 27 siswa. Terdapat pula, siswa yang belum lancar membaca berjumlah 4 siswa, sedangkan jumlah siswa yang sudah bisa membaca berjumlah 23 siswa. Bahwa penyebabnya anak kurang semangat dalam pembelajaran disebabkan kurangnya perhatian dari orang tua dan siswa sebagian tidak bersekolah TK. Ada 9 siswa yang tidak bersekolah TK/RA. Rumusan masalah 1)Bagaimana proses pembelajaran tematik tentang keterampilan membaca dengan menggunakan media gambar di kelas 1 MIS Darul Ulum Kota Palangka Raya? 2) Apa faktor yang mempengaruhi pembelajaran tematik tentang keterampilan membaca dengan menggunakan media gambar di kelas 1 MIS Darul Ulum Kota Palangka Raya?

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran tematik tentang keterampilan membaca dengan menggunakan Media Gambar di Kels 1 MIS Darul Ulum Kota Palangka Raya 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pembelajaran tematik tentang keterampilan membaca dengan siswa setelah proses dengan menggunakan Media Gambar di Kelas I MIS Darul Ulum Kota Palangka Raya.

Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas 1 serta yang menjadi informan yaitu kepala sekolah dan siswa kelas 1. Adapun teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan dan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Kemudian data dianalisis dengan 4 tahapan yaitu data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing.

Berdasarkan hasil penelitian proses perencanaan pembelajaran tematik menunjukkan bahwa guru membuat perencanaan pembelajaran tematik sudah baik. Rencana pembelajaran tematik pada pertemuan pertama,kedua,dan ketiga di kelas I MIS Darul Ulum menunjukkan bahwa guru menerapkannya dengan baik. Dengan demikian, dari hasil observasi perencanaan pembelajaran tematik yang dibuat oleh guru tergolong dalam kategori baik.

Abstract

Based on the background, there are several problems in this study, that the number of grade I students is 27 students. There were also 4 students who were not fluent in reading, while the number of students who could read were 23 students. Problem formulation 1) How is the thematic learning process about reading skills using picture media in class 1 MIS Darul Ulum, Palangka Raya City? 2) What are the factors that influence thematic learning about reading skills using picture media in class 1 MIS Darul Ulum, Palangka Raya City?

This study aims 1) To determine the thematic learning process of reading skills using Image Media in Kels 1 MIS Darul Ulum, Palangka Raya City 2) To determine the factors that influence thematic learning about reading skills with students after the process using Image Media in Class I MIS Darul Ulum, Palangka Raya City.

This type of research uses descriptive qualitative. The subjects in this study were the homeroom teacher of class 1 as well as the informants, namely the principal and students in grade 1. The data collection techniques were through observation, interview, and documentation techniques. Technique validation and uses triangulation of techniques and sources. Then the data were analyzed with 4 stages, namely collection, reduction, display dan conclusion drawing.

Based on the research results, the thematic learning planning process shows that the teacher makes a good thematic learning plan. Thematic lesson plans at the first, second, and third meetings in class I MIS Darul Ulum show that the teacher is implementing them well. Thus, from the observations of thematic learning planning made by the teacher, it is in the good category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar ; Pembelajaran Tematik ; Keterampilan Membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:26
Last Modified: 03 Sep 2021 07:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3500

Actions (login required)

View Item View Item