Utami, Rashtria Azizah (2021) Pengembangan media pembelajaran berbentuk buletin pada pokok bahasan usaha dan energi di SMA kelas X. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Rashtria Azizah Utami- 1701130365.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berlandaskan dari analisis kebutuhan peserta didik yang menunjukkan bahwa pembelajaran fisika di SMAN 2 Laung Tuhup belum pernah menggunakan media pembelajaran selain buku paket, hal ini berdampak pada keinginan belajar yang kurang dan peserta didik mudah merasa bosan sewaktu mengikuti pembelajaran di kelas karena pembelajaran yang monoton dan tidak ada pemicu lain sebagai bahan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbentuk buletin, mengetahui bagaimana kelayakan penggunaan media pembelajaran berbentuk buletin, dan untuk mengetahui hasil akhir produk pengembangan media pembelajaran berbentuk buletin pokok bahasan usaha dan energi di SMA kelas X.
Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dan dikembangkan model ADDIE dengan tahapan: Analysys yaitu menganalisis kebutuhan peserta didik, Design yaitu merancang draf media pembelajaran, Development yaitu pengembangan produk berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi dan revisi produk, Implementation yaitu penerapan produk di kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk buletin pada materi usaha dan energi layak dan valid digunakan dalam pembelajaran dikelas diperoleh dari nilai kevalidan ahli materi 87,2% sangat baik/valid, ahli media 97% sangat baik dan valid, oleh ahli pembelajaran 98% sangat baik dan valid, dan hasil angket respon peserta didik sebesar 81,9% baik dan valid. Dengan demikian media pembelajaran berbentuk buletin pada materi usaha dan energi kelas X dapat digunakan dalam pembelajaran.
Abstract
This research based on from the analysis of student needs which shows that learning physics at SMAN 2 Laung Tuhup has never used learning media other than textbooks, this has an impact on the lack of desire to learn and students easily feel bored while participating in calss learnig because of monotonous learning, and there are no other triggers as learning material.
This study aims to determine the process of developing learning media in the form of bulletins, knowing how to use learning media, and to find out the final product of developing learning media in the form of language and energy bulletins in high school class X.
This research uses hr Research and Development method and the ADDIE model is developed with the following stages: Analysys, which is analyzing the needs of students, Design, which is designing draft learning media, Development is product development based on validation of media experts and material experts and product revisions, implementation is the application of product in calss.
The results of this study indicate that learning media in the form of bulletins on business and energy materials are feasible and valid for use in calssroom learning obtained from the validity value of material experts 87,2% very good/valid, media experts 97% very good and valid, by learning experts 98% verry good and valid, and the results of the students response questionnaire of 81.9% are good and valid. Thus the learning media in the from and energy materials of calss X can be used in learnig.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Buletin Fisika; Pengembangan; Media Pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 12:04 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 02:52 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3455 |
Actions (login required)
View Item |