Analisis nilai-nilai pendidikan dalam film sang pencerah arahan hanung bramantyo

Khairunnisa, Khairunnisa (2021) Analisis nilai-nilai pendidikan dalam film sang pencerah arahan hanung bramantyo. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi KHAIRUNNISA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertolak dari banyaknya produksi film menjadikan seseorang harus lebih terampil dalam memilih tayangan yang bermutu dan mengandung nilai-nilai pendidikan di dalamnya. Salah satu film yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan adalah film Sang Pencerah. Film Sang Pencerah ini menceritakan perjalanan kehidupan K.H Ahmad Dahlan dalam membela kebenaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cerita pada film Sang Pencerah serta mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Sang Pencerah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumen. Subjek penelitian ini yaitu film Sang Pencerah dan objek nya adalah nilai-nilai pendidikan dalam film Sang pencerah, yaitu nilai-nilai pendidikan akidah, nilai-nilai pendidikan akhlak, dan nilai-nilai pendidikan ibadah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Cerita yang terdapat pada film Sang Pencerah adalah perjuangan K.H Ahmad Dahlan dalam meluruskan agama Islam dan membuka wawasan baru yang lebih modern agar tidak terjadi kesalahpahaman seseorang dalam mengenal Islam. 2) Ditemukan dalam film Sang Pencerah terdapat nilai-nilai pendidikan Islam, yaitu; a) nilai-nilai akidah berupa; larangan berbuat syirik/menyekutukan Allah SWT dan berserah diri kepada Allah, b) Nilai-nilai ibadah berupa; mendirikan sholat tepat waktu, pengajian, menunaikan ibadah haji dan menikah, c) nilai-nilai akhlak berupa; tolong menolong, sedekah, sabar, saling menghargai, dan berlaku sopan dalam perkataan dan perbuatan.

ABSTRACT

This study, in contrast with the production of numerous films, requires that a person be more adept at selecting quality products and displaying the educational values they contain. One of the films that has a lot of educational values is the Sang Pencerah film. This Sang Pencerah film tells of K.H Ahmad Dahlan's journey to defend the truth.

This study aims to describe the story in the film Sang Pencerah as well as to describe the values of Islamic education in the film Sang Pencerah. This study uses descriptive qualitative methods, with data collection techniques in the form of observations and documents. The subject of this research is the film Sang Pencerah and its object is the educational values in the film Sang Pencerah, namely the values of faith education, the values of moral education, and the values of religious education.

Research shows that: 1) the story of the Sang Pencerah film is Ahmad Dahlan's struggle to correct Islam and open up a new and more modern insight to prevent one from misunderstanding with Islam. 2) found in the Sang Pencerah film are the virtues of Islamic education, which is; a) akidah's values are; Prohibitions of shunning god and submitting ourselves to god, b) religious values are spiritual; Establishing prayer on time, holding meetings, performing hajj and marriage, c) the moral values of; Please help, alms, be patient, appreciate one another, and be modest in word and deed.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Film Islami, Nilai-nilai Pendidikan Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 23 Aug 2021 07:07
Last Modified: 23 Aug 2021 07:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item