Metode pembelajaran dalam perspektif al-qur’an (telaah qur’an surah ali-imran ayat 159 dan an-nahl 125)

Nugroho, Furkan (2021) Metode pembelajaran dalam perspektif al-qur’an (telaah qur’an surah ali-imran ayat 159 dan an-nahl 125). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi FURKAN NUGROHO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Metode merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar di lembaga pendidikan. Apabila proses pendidikan tidak menggunakan metode yang tepat maka akan sulit untuk mendapatkan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam di dalamnya memuat berbagai informasi tentang seluruh kehidupan yang berkaitan dengan manusia, Salah satunya adalah hal yang berkaitan dengan metode pembelajaran. Peneliti sendiri tertarik untuk meneliti atau mengkaji surah Ali Imran ayat 159 dan an-Nahl ayat 125. Agar konsep yang ada dalam khazanah keilmuan al-Quran tidak hanya menjadi konsep semata tetapi dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata selain itu peneliti menemukan di banyak buku yang menjelaskan tentang dakwah, yang dapat dikatakan semuanya mengaitkan dengan kedua ayat tersebut. Padahal jika dikaji dalam konteks pendidikan terkait dengan metodenya, tentunya ayat tersebut sangat menarik, lebih lebih pada saat ini perkembangan pendidikan khususnya pendidikan Islam sudah mengalami kemajuan yang luar biasa. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana konsep metode pembelajaran dalam surah Ali-Imran ayat 159 2).Bagaimana konsep metode pembelajaran dalam surah An-Nahl ayat 125.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik library research dengan menganalisis Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159 dan An-Nahl ayat 125 dengan menggunakan sumber data primer yaitu kitab tafsir Al-Misbah dan beberapa literature yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

Hasil penelitian pertama, konsep metode yang terkandung dalam surah Ali-Imran ayat 159 : 1)Lintalahum, mengajar dengan cara santun dan lemah lembut, 2)Wasyawirhum, mengajar dengan metode musyawarah, 3) mengajar dengan metode keteladanan. Kedua, konsep metode yang terkandung dalam surah An-Nahl ayat 125: 1) Al-Hikmah, yaitu dengan penyampaian materi dengan perkataan yang lemah lembut namun tegas 2) mauizah, yaitu nasihat atau pelajaran yang disampaikan dengan bahasa yamg baik 3) jidal, yaitu diskusi atau perdebatan dengan cara yang terbaik.

ABSTRACT

Methods are very important in the teaching and learning process in educational institutions. If the educational process does not use the right method, it will be difficult to get the expected learning objectives. Al-Qur'an as the holy book of Muslims contains various information about all life related to humans, one of which is things related to learning methods. The researcher himself is interested in researching or studying Surah Ali Imran verse 159 and an-Nahl verse 125. This is because researchers have found in many books that explain da'wah, which can be said that all relate to these two verses. In fact, if it is examined in the context of education in terms of its methods, of course the verse is very interesting, especially at this point in the development of education, especially Islamic education, there is already a significant progression. The problems discussed in this study are 1. How is the concept of learning methods in Surah Ali-Imran verse 159 2. How is the concept of learning methods in Surah An-Nahl verse 125.

The method used in this research is a qualitative method using library research techniques by analyzing the Al-Qur'an surah Ali Imran verse 159 and An-Nahl verse 125 using primary data sources, namely the Al-Misbah and Al-Azhar tafsir book. literature relating to the problems observed.

The results of the first study, the concept of the method contained in Surah Ali-Imran verse 159: 1) teach in a polite and gentle manner, 2) teach using the habituation method, 3) teach by exemplary method. Second, the concept of the method contained in surah An-Nahl verse 125: 1) Al-Hikmah, namely by delivering the material in gentle but firm words 2) mauizah, namely advice or lessons delivered in good language 3) jidal, namely discussion or debate in the best possible way.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, Al-Quran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 23 Aug 2021 01:57
Last Modified: 23 Aug 2021 01:57
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3436

Actions (login required)

View Item View Item