Kristina, Lusi (2021) Metode aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Ikhlas Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Lusi Kristina - 1701112208.pdf Download (1MB) |
Abstract
Taman pendidikan Al-Qur’an merupakan tempat yang berperan penting untuk mendidik dan mengenalkan anak ilmu agama sejak usia dini. TPA Al-Ikhlas di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya selain mengajarkan Al-Qur’an dan ilmu tajwidnya juga mengajarkan nilai-nilai Agama Islam seperti nilai keimanan, nilai ibadah dan nilai akhlak. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah, 1) untuk mendeskripsikan materi aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada anak di TPA Al-Ikhlas di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya. 2) untuk mendeskripsikan metode aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada anak di TPA Al-Ikhlas di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek satu ustadz yang mengajar di TPA Al-Ikhlas. Sedangkan sebagai informan adalah anak dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan pada teknik pengabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber adapun analisis data menggunakan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Materi aktualisasi nilai-nilai keagamaan menggunakan materi mengenal makna dan arti dua kalimat syahadat, mengenal Rasul Allah, mengenal Rukun Islam dan Rukun Iman, materi salat, mengenal pentingnya sedekah, akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap orang tua dan guru, akhlak terhadap lingkungan. 2) Metode aktualisasi nilai-nilai keagamaan menggunakan metode pembiasaan, cerita, menyanyi, permainan, demonstrasi, hafalan, reward dan punishment, nasihat, dialog/tanya jawab, dan teladan.
ABSTRACT
Qur'an learning center is a place which plays an important role in educating and introducing children to theology from an early age. Al-Ikhlas TPA in Puruk Cahu, Murung Raya Regency not only teaches Qur'an and tajwid, but also Islamic religious values such as faith, worship and moral values. So, the purpose of this study is, 1) to describe the materials for the actualization of religious values on children at Al-Ikhlas TPA in Puruk Cahu, Murung Raya Regency. 2) to describe actualization method of religious values to the children at Al-Ikhlas TPA in Puruk Cahu, Murung Raya Regency.
This study used a qualitative descriptive method. The subject of this study is one cleric who taught at the Al-Ikhlas TPA. Meanwhile, the informants were children and parents. The data collection techniques used were observation, interviews, documentation. To validate the data, this study used technical triangulation and source triangulation technique while data analysis used four stages, those were data collection, data reduction, data presentation and conclusions.
The results of the study show that 1) The actualization material of religious values uses sense recognation materials and meaning of two syahadah sentences , knowing the apostle of god, knowing of conversions of Islam and reconciliation, prayer materials, recognizing the importance of dole, chastity towards god, chastity, parents, teachers, and environment. 2) The actualization method of religious values uses habituation, stories, singing, games, demonstrations, memorization, reward and punishment, advice, dialogue/discussion, and model.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 04:43 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 04:43 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3416 |
Actions (login required)
View Item |