Kurunika, Japa Ariya (2021) Penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam pada tpq al-hikmah di Desa Subur Indah Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skiripsi JAPA ARIYA KURUNIKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstract
Penelitian ini bertolak dari adanya perbedaan dalam penyampaian materi pembelajaran antara TPQ Al-Hikmah dengan TPQ-TPQ lainya yang pada umumnya hanya materi tentang bagaimana cara membaca Al-Qur’an dan menulisnya dengan baik dan benar. Akan tetapi pada TPQ Al-Hikmah di samping materi mebaca Al-Qur’an dan cara menulisnya juga disampaikan tentang penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada materi-materi Aqidah, Akhlak, Fiqih, Al-Qur’an/Tajwid, dan SKI. Sehingga diharapkan nanti para santri memiliki ilmu pengetahuan agama Islam yang luas. Adapun tujuan penelitan ini adalah: 1). Untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Agama Islam apa saja yang ada/ditanamkan di TPQ Al-Hikmah dan 2). Untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TPQ Al-Hikmah di Desa Subur Indah Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan. Subjek penelitian ini adalah 6 ustadz/ustadzah dan 6 orang informan yaitu (kepala sekolah, 1 orang tua santri, dan 2 orang santriwan dan 2 orang santriwati). Data dikumpukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pengabsahan data dengan cara triangulasi sumber. Kemudian analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, pengurangan data, jika ada data yang lemah/tidak valid, kemudian data-data di paparkan secara ilmiah dan selanjutnya data tersebut disimpulkan sebagai jawaban dari rumusan masalah yang dibuat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Nilai-nilai PAI yang ada/ditanamkan di TPQ Al-Hikmah adalah: a. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu pada materi aqidah, b. Harus memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan sehari-hari pada materi akhlak, c. Melakukan ibadah degan baik sesuai dengan syariat agama pada materi fiqih, d. Harus mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, dan e. Menauladani sifat-sifat Nabi Muhamad SAW dalam keseharian. 2). Proses penenaman nilai-nilai PAI diawali dengan mempersiapkan bahan-bahan pelajaran, yaitu membaca buku-buku selanjutnya materi disampaikan dan dijelaskan sampai para santri memahaminya. Akhirnya materi dievaluasi dan disimpulkan.
ABSTRACT
ABSTRACT
This research stems from the difference in the delivery of learning materials between the TPQ Al-Hikmah and the other TPQs, which are generally only material about how to read Al-Qur'an and write it properly and correctly. However, in the TPQ Al-Hikmah, besides reading the Al-Qur'an material and how to write it, it is also conveyed about the inculcation of Islamic Religious Education values in the materials of Aqidah, Morals, Fiqh, Al-Qur'an / Tajwid, and SKI. So it is hoped that later the students will have extensive Islamic religious knowledge. The objectives of this research are: 1). To find out what values of Islamic Religious Education are / are instilled in TPQ Al-Hikmah and 2). To describe the process of cultivating the values of the Islamic Religious Education.
This research is a qualitative research using descriptive qualitative methods. This research was conducted at TPQ Al-Hikmah in Subur Indah Village, Katingan Kuala District, Katingan Regency. The subjects of this study were 6 ustadz / ustadzah and 6 informants, namely (the principal, 1 santri parent, 2 santriwan and 2 santriwati). The data were collected using observation, interview, and documentation techniques. Meanwhile, data validation was done by means of source triangulation. Then data analysis is done by collecting data, reducing data, if there is weak / invalid data, then the data is scientifically presented and then the data is concluded as the answer to the problem formulation that is made.
The results showed that: 1). The PAI values that are / instilled in TPQ Al-Hikmah are: a. Allah has power over everything in the material aqidah, b. Must have commendable morals in daily interactions on moral material, c. Doing worship properly in accordance with the religious law on fiqh material, d. Must be able to read Al-Qur'an properly and correctly, and e. Adapt the characteristics of the Prophet Muhamad SAW in everyday life. 2). The process of immersing PAI values begins with preparing learning materials, namely reading books, then the material is conveyed and explained until the students understand it. Finally, the material is evaluated and concluded.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman, Nilai-Nilai, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 04:56 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 04:56 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3409 |
Actions (login required)
View Item |