Penerapan metode talaqqi di pondok pesantren nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kabupaten Kapuas

Athaillah, Muhammad (2021) Penerapan metode talaqqi di pondok pesantren nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kabupaten Kapuas. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi MUHAMMAD ATHAILLAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak

Di Anjir Serapat Tengah, Pondok Pesantren Nahdlatussalam memiliki peran sebagai lembaga pendidikan non formal yang menjadi wadah untuk mengembangkan keilmuan agama yang telah didapatkan santri pada saat sekolah formal dengan menggunakan metode talaqqi dalam proses pembelajarannya. Ironis sebuah pondok pesantren dengan pembelajaran berbasis kitab kuning namun masih terdapat santri dan alumni yang tidak lancar bahkan tidak bisa sama sekali membaca kitab kuning. Penelitian ini hadir untuk menggambarkan bagaimana gambaran umum penerapan metode talaqqi di Pondok Pesantren Nahdlatussalam. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah; Bagaimana penerapan metode talaqqi dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran di PP Nahdlatussalam.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 3 orang guru dan 2 orang santri sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan prosedur; pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan metode talaqqi di PP Nahdlatussalam diawali dengan membaca surat Al-Fatihah yang dipimpin guru. Saat pembelajaran berlangsung, santri menyimak sambil menulis arti dari kitab yang dibacakan dan dijelaskan guru dan diselingi pertanyaan-pertanyaan dari guru, kemudian pelajaran ditutup ketika jam pelajaran telah berakhir. 2) Faktor pendukung dalam pembelajaran adalah kondisi psikologis santri yang selalu bersemangat mengikuti pelajaran dan keadaan lingkungan yang sarat dengan kegiatan akademik. Faktor penghambat dalam pembelajaran adalah tingkat pemahaman santri yang tidak sama dan sikap ketidaksukaan santri terhadap salah satu mata pelajaran. 3) Teknik evaluasinya adalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan langsung kepada santri dan soal-soal tertulis yang harus diselesaikan di dalam kelas atau dijadikan PR.

ABSTRACT

In Central Anjir Serapat, the Nahdlatussalam Islamic Boarding School has a role as a non-formal educational institution that becomes a forum for developing the religious knowledge that students have obtained during formal schooling by using the talaqqi method in the learning process. It is ironic that a boarding school with learning based on the yellow book, but there are still students and alumni who are not fluent or even cannot read the yellow book at all. This research is trying to describe how the general description of the application of the talaqqi method at Nahdlatussalam Islamic Boarding School.The formulation of the research problems are; How to apply the talaqqi method and what are the supporting and inhibiting factors in learning at Nahdlatussalam Islamic Boarding School.

This study used a qualitative method with a descriptive approach. The research subjects were 3 teachers and 2 students as informants. The data collection technique used observation, interview and documentation techniques, then the data obtained were analyzed by the procedure; data collection, data reduction, data presentation and conclusions.

The results of this study indicate: 1) The application of the talaqqi method at Nahdlatussalam Islamic Boarding School is started by reading the Al-Fatihah led by the teacher. When the lesson is in progress, the students listen while writing the meaning of the book that the teacher reads and explains and it is interspersed with questions from the teacher, then the lesson is closed when the lesson is over. 2) The supporting factors in learning are the psychological conditions of the students who always eager to take part in lessons and the environmental conditions that are full of academic activities. Inhibiting factors in learning are the level of understanding of the students who are not the same and the attitude of the students' dislike of one of the subjects. 3) The evaluation technique is to give direct questions to the students and written questions that must be completed in the classroom or made into homework.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqi dan Pondok Pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:03
Last Modified: 10 Aug 2021 07:03
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3381

Actions (login required)

View Item View Item