Metode penanaman akhlak mahmudah di Pondok Pesantren Asy-Syifa Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat

Fitri, Satitis Astuti (2021) Metode penanaman akhlak mahmudah di Pondok Pesantren Asy-Syifa Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Satitis Astuti Minal Fitri - 1401111829.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akhlak merupakan esensi yang sangat penting dalam kehidupan manusia khususnya akhlak mahmudah, dengan akhlak mahmudah mampu menjadikan manusia berada dalam kedudukan yang sangat mulia di dunia maupun akhirat. Berakhlak mahmudah merupakan pertanda kesempurnaan akhlak seseorang. Seorang anak didik seharusnya mampu mengerti akhlak mahmudah tidak hanya pada teori tetapi juga dalam penerapan akhlak mahmudah didalam kehidupan sehari-hari. Anak didik di pondok pesantren asy-Syifa Pangkalan Banteng diberikan pembinaan tidak hanya pada teori dalam pembelajaran namun juga diluar pembelajaran. Pada dasarnya pembinaan akhlak tersebut dilaksanakan agar tertanam akhlak mahmudah dalam diri anak didik dan tidak terjerumus dalam kegiatan tercela. Penanaman akhlak mahmudah akan terlaksana dengan baik apabila diiringi dengan metode penerapan, juga dikuatkan dengan faktor pendukung dan penghambat. Rumusan masalah ialah apa metode penanaman akhlak mahmudah di Pondok Pesantren asy-Syifa Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman akhlak mahmudah di Pondok Pesantren asy-Syifa Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat.

Penelitian ini mengggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah 3 orang. objek ialah penanaman akhlak mahmudah. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Agar menjamin keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi untuk menguji pada berbagai sumber. Kemudian data dianalisis dengan 4 tahapan yaitu Data Collection, Data Reduction, Data Display, Data Conclusion Drawing/Verification.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Adapun metode yang diterapkan diantaranya metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode pengalaman, serta metode penghargaan dan hukuman. Metode-metode tersebut ditunjukkan pada kegiatan diantaranya sabar dalam muraja’ah bersama ustadz-ustadzah, dan keadilan santri saat menerima penghargaan atau masalah. 2) Faktor pendukungnya adalah insting/naluri (Gharizah), faktor bawaan/keturunan (al-Wirathah) serta faktor lingkungan dan kebiasaan. Faktor pendukung tersebut dapat menjadi faktor penghambat apabila santri memiliki latar belakang yang tidak baik sebelum masuk di Pondok Pesantren asy-Syifa Pangkalan Banteng.

Abstract

Morality is a very important essence in human life, especially akhlaq mahmudah, akhlaq mahmudah is able to make human beings in a very noble position in this world and the hereafter. akhlaq mahmudah is a sign of one's moral perfection. A student should be able to understand akhlaq mahmudah not only in theory but also in the application of akhlaq mahmudah in daily life. Students at the asy-Syifa Islamic boarding school in Pangkalan Banteng are given guidance not only on theory during learning activity but also outside of learning activity. Basically, the moral development is carried out so that it is embedded a good morals in students and does not fall into reprehensible activities. The cultivation of akhlaq mahmudah will be carried out well if it is accompanied by the method of application, also strengthened by supporting and inhibiting factors. The formulation of the problem on this research is “what is the method of cultivating akhlaq mahmudah in Pondok Pesantren asy-Syifa Pangkalan Banteng West Kotawaringin Regency” and as well as “what are the supporting and hindering factors in cultivating ahklaq mahmudah in Pondok Pesantren asy-Syifa Pangkalan Banteng West Kotawaringin Regency”.

This study uses a qualitative descriptive method. The subjects in this study were 3 people. the object is the cultivation of akhlaq mahmudah. The data collection techniques are through observation, interviews, and documentation. To ensure the validity of the data researchers use triangulation to test on various sources. Then the data is analyzed with 4 stages, namely Data Collection, Data Reduction, Data Display, Data Conclusion Drawing or Verification.

The results show that 1) The methods applied include exemplary methods, habituation methods, advice methods, experience methods, and reward and punishment methods. These methods are shown in activities such as patience in muraja'ah with ustadz-ustadzah, and the justice of students when receiving awards or problems. 2) The supporting factors are instinct (Gharizah), innate/hereditary factors (al-Wirathah), environmental factors and habits. The supporting factor can be a barrier factor if students have a bad background before entering the Boarding School asy-Syifa Pangkalan Banteng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akhlak Mahmudah; Metode
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 09 Aug 2021 05:08
Last Modified: 09 Aug 2021 05:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3376

Actions (login required)

View Item View Item