Pengaruh bimbingan membaca al-qur’an (bmq) dengan metode tilawati sistem daring terhadap kemampuan membaca al-qur’an mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangkaraya

Maulida, Maulida (2021) Pengaruh bimbingan membaca al-qur’an (bmq) dengan metode tilawati sistem daring terhadap kemampuan membaca al-qur’an mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Maulida - 1701112203.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bimbingan Membaca Al-Qur’an (BMQ) di tahun akademik 2020/2021 berbeda dengan tahun sebelumnya, sebab BMQ di tahun ini dengan sistem daring dan menggunakan metode Tilawati. Tujuan penelitian adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh pelaksanaan BMQ dengan metode Tilawati sistem daring terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa dengan itu, maka rumusan masalahnya adalah: Bagaimana pelaksanaan, pengaruh terhadap kemampuan mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid dan kendala BMQ dengan metode Tilawati sistem daring?.

Populasinya 1288 orang mahasiswa dengan sampel 128 orang untuk penelitian kuantitatif dan 20 orang mahasiswa untuk penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kombinasi dengan model urutan pembuktian (Sequantial Explanatory), yaitu penelitian pertama menggunakan metode penelitian kuantitatif lalu dilanjutkan dengan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian kuantitatif menggunakan rumus product moment dan untuk penelitian kualitatif menggunakan analisis indukti dengan proses reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Kemudian, Pada penelitian kuantitatif dilakukan uji validitas dan realibilitas terhadap angket dan dilakukan uji keabsahan data pada hasil penelitian kualitatif.

Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan BMQ menggunakan metode Tilawati dengan sistem daring waktu pelaksanaannya secara tentatif dan materi Tilawati dalam bentuk aplikasi Tilawati mobile, file pdf, video tutorial youtube dan dalam pembelajaran BMQ tutor menggunakan tiga teknik Tilawati, teknik klasikal, individual dan baca simak. (2) Berdasarkan penelitian kuantitatif dengan angket (kuesioner) pada 128 orang mahasiswa memiliki pengaruh sangat kuat terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa di mana r hitung = 1,288 > r tabel = 0,176 dan dari hasil penelitian kualitatif dengan 20 subjek penelitian bahwa terdapat kemajuan yang signifikan setelah mengikuti BMQ dengan metode Tilawati sistem daring. (3) Kendala pelaksanaan BMQ yakni koneksi jaringan internet yang tidak stabil, keterbatasan kuota internet, aplikasi Tilawati hanya bisa diinstal smartphone android, jumlah tutor/pengajar BMQ yang kurang, tidak semua tutor bersyahadah dalam membaca Al-Qur’an, motivasi dan partisipasi yang kurang dari mahasiswa, Penjelasan tentang shifatul huruf kurang maksimal, tutor lalai dalam membimbing BMQ dan pendanaan.

ABSTRACT

Guidance on Reading Al-Qur'an (BMQ) in the academic year 2020/2021 is different from the previous year, because this year's BMQ is using an online system and uses the Tilawati method. The research objective was to determine and analyze the effect of the implementation of BMQ with the Tilawati method online system on students' ability to read the Al-Qur'an with it, then the formulation of the problem is: How is the implementation, the effect on the student's ability to read the Qur'an properly and correctly Tajweed science and BMQ constraints with the online system Tilawati method ?.

The population is 1288 students with a sample of 128 people for quantitative research and 20 students for qualitative research. This research was conducted using a combination research method with a sequence of proof model (Sequantial Explanatory), namely the first research using quantitative research methods then followed by qualitative research. Data collection techniques using questionnaires, observation, interviews and documentation. Analysis of quantitative research data using the product moment formula and for qualitative research using inductive analysis with the process of data reduction, data presentation, drawing conclusions. Then, in quantitative research, the validity and reliability of the questionnaire were tested and the data validity was tested on the results of qualitative research.

The results of the study: (1) Implementation of BMQ using the Tilawati method with an online system of implementation time tentatively and Tilawati material in the form of a mobile Tilawati application, pdf files, youtube video tutorials and in learning BMQ tutors using three Tilawati techniques, classical techniques, individual and reading.
(2) Based on quantitative research with a questionnaire on 128 students, it has a very strong influence on the students' ability to read the Koran where r count = 1,288 > r table = 0,176 and from the results of qualitative research with 20 research subjects that there are significant progress after following the BMQ with the online system Tilawati method. (3) Obstacles in implementing BMQ are unstable internet network connection, limited internet quota, the Tilawati application can only be installed on an android smartphone, the number of BMQ tutors / teachers is not enough, not all tutors are sincere in reading the Qur'an, motivation and participation less than students, explanation of shifatul letters is not optimal, tutors are negligent in guiding BMQ and funding.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BMQ; Metode tilawati
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 09 Aug 2021 01:42
Last Modified: 09 Aug 2021 03:29
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3370

Actions (login required)

View Item View Item