Hasanah, Uswatun (2020) Pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan kepribadian di MTS Al Banjari Kelurahan Tanjung Pinang Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Uswatun Hasanah - 1421111916.pdf Download (994kB) |
Abstract
Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu lembaga Pendidikan Islam di Indonesia mempunyai peran yang sangat penting untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Tujuannya adalah untuk mencetak generasi penerus yang Islami dan berahklak mulia. serta membekali pcserta didik dengan pcngetahuan agama yang kuat di era globalisasi ini. Menghadapi perubahan kemajuan zaman yang sangat cepat, maka MIS Noor Al- Banjari dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan. Salah .tu caranya adalah dengan membentuk kepribadian sesuai syariat ajaran agama Islam melalui pembelajaran akidah akhlak. Adapun tujuannya untuk mengetaltui Pcmbelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Kepribadian di MIS Noor Al Banjari Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penclitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitalif. Penclitian ini dilakukan di MIS Noor Al- Banjart mulai bulan Scptember sampai I,esember 2019. Subyek penclitiaanya adalah Guru Akidah Akhlak scdangkan Informan penelitiannya adalah Kepala Sekol. dan Siswa di MIS Noor Al- Banjari. Prost., pcngumpulan data dilakukan mclalui mctode wawan.m, obseryasi dan dokumentasi. Mclode keabsahan d. menggunakan triangulasi sumbcr. Proses analisa datanya menggunakan teknis analisis kualitatif. Langkah yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan pcnarikan kesimpulan. Flasil dart penelitian ini adalah Pernbeniukan kepribadian dilakultan dcngan memotisasi dan membert contoh konkrit kepada pescrta didik yang disesuaikan dengan kemampuana siswa, gunt dituntut untuk lebih mencurahkan perhatiannya pada pengembangan kesadaran akan harga diri. guru tidak hanya mcngarahkan pescrta didik mempclajari materi ihniah saja tetapi pengembangan sikap harus mendapat perhatian, guru juga harus Ickh menekankan pada pertanaman nilai-nilai dalam diri siswa, sclain itu guru juga selalu memantau siswa di lingkungan sekolah dan memperhatikan peruhaltan sikap dari masing- masing siswa. Sebelum ntengajar guru juga membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran dari mcmbuat rencana pclaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan silabus, menentukan indikator dan materi pokok pelajaran yang mcnyesuaikan dengan potensi sekolah dan minat siswa, menggunakan metode dan pendekatan yang disesuaikan materi bahasan dan minai pesena didik.
ABSTRACT
Madrasah Ibtidaiyah is one of the Islamic Education institutions in Indonesia which has a very important role to educate the lives of the nation's children. The aim is to create a generation of Islamic and noble people, and to equip students with strong religious knowledge in this globalization era. Facing the changing times that are very fast, then MIS Noor Al- Banjari is required to be able to follow developments. One way is to form a personality according to Islamic religious teachings through learning morality. The aim is to find out about the learning of moral code in the formation of personality in MIS Noor Al Banjari in the 2018/2019 academic year. This research is a field research with a qualitative descriptive approach.
The research was conducted at MIS Noor Al-Banjari from September to December 2019. The subjects of the research were the Moral Teachers while the informants of the research were the Principals and Students at MIS Noor Al-Banjari. The process of collecting data is done through interviews, observation and documentation. The data validity method uses source triangulation. The process of data analysis uses qualitative technical analysis. Steps are taken through data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
The results of this study are: Formation of personality is done by motivating and giving concrete examples to students that are adapted to the abilities of students, teachers are required to devote more attention to the development of awareness of self-esteem, teachers not only direct students to learn scientific material, but the development of attitudes must get attention, the teacher must also put more emphasis on instilling values in students, besides the teacher also always monitors students in the school environment and pay attention to changes in attitudes of each student. Before teaching, the teacher also makes a learning implementation plan from making a learning implementation plan adapted to the syllabus, determining indicators and subject matter that adjusts to the potential of the school and students' interests,using methods and approaches that are tailored to the subject matter and interests of students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akidah Akhlak |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 03:58 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 03:58 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3307 |
Actions (login required)
View Item |