Penerapan Model Team Games Turnament (TGT) Berbantuan Media Gambar pada Hasil Belajar dan Minat Peserta Didik Sub Materi jaringan Pada Tumbuhan Kelas VIII SMPN 5 Lahei Kabupaten Barito Utara

Hermanto, Fery (2020) Penerapan Model Team Games Turnament (TGT) Berbantuan Media Gambar pada Hasil Belajar dan Minat Peserta Didik Sub Materi jaringan Pada Tumbuhan Kelas VIII SMPN 5 Lahei Kabupaten Barito Utara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Fery Hermanto - 1401140382.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari hasil observasi awal di sekolah SMPN 5 Lahei barat yaitu peserta didik cenderung lebih senang bermain, penyampaian materi hanya dibacakan dan menjelaskan, peseserta didik dituntut untuk mendengar dan menulis, media yang tidak memadai untuk mendukung proses belajar mengajar seperti listrik haya hidup di malam hari, keterbatasan gambar yang ada pada buku paket, tidak adanya model pembelajaran yang di terapkan, hal tersebut menyebabkan peserta didik cenderung lebih cepat bosan. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dengan model TGT (Teams Games Turnament) berbantuan media gambar sub materi jaringan pada tumbuhan kelas VIII SMPN 5 Lahei Kabupaten Barito Utara; (2) Mendeskripsikan minat belajar peserta didik pada pembelajaran dengan model TGT (Teams Games Turnament) berbantuan media gambar sub materi jaringan pada tumbuhan kelas VIII SMPN 5 Lahei Kabupaten Barito Utara.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif peserta didik dan angket minat belajar. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 5 Lahei yang berjumlah 16 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis hasil belajar kognitif menggunakan uji normal gain (N-gain) dan analisis kualitatif (pengukuran minat).

Peningkatan hasil belajar peserta didik pada sub materi jaringan pada tumbuhan kelas VIII SMPN 5 Lahei Kabupaten Barito Utara dilihat dari analisis uji gain dan N-gain. Nilai N-gain didapatkan dari pretest dan postest yaitu dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Peserta didik dengan nilai kategori sedang berjumlah 11 orang dengan persentase 68,75%, dengan kategori tinggi 5 orang dengan persentase 31,25%. Peningkatan minat belajar peserta didik yaitu dengan rata-rata minat adalah 95,70%, sedangkan dilihat dari kriteria penilaian minat belajar maka dapat di kategorikan baik sekali dengan kriteria 81-100%.

Abstract

This research was based on the results of preliminary observations at West Lahei 5 Middle School, namely students tend to prefer to play, the delivery of material was only read and explained, students were required to listen and write, media was inadequate to support the teaching and learning process such as electricity life threat in at night, the limitations of the picture in the textbook, the lack of a learning model that was applied, it caused students to be bored more quickly. The purpose of this study were to: (1) Describe the learning outcomes of students in learning with the TGT (Teams Games Tournament) model aided by media images of tissue sub material in eight grade at SMPN 5 Lahei, North Barito Regency; (2) Describe students' interest in learning in learning with the TGT (Teams Games Tournament) model assisted by media images of sub material material in plants in eight grade at SMPN 5 Lahei, North Barito Regency.

This type of research is descriptive quantitative research. The instrument used was a test of cognitive learning outcomes of students and a questionnaire of learning interest. The sample of this study was all students grade at SMPN 5 Lahei, amounting to 16 people. Analysis of the data used is the analysis of cognitive learning outcomes using the normal gain test (N-gain) and qualitative analysis (measurement of interest).

Improvement of student learning outcomes in sub material tissue in plants grade at SMPN 5 Lahei, North Barito Regency seen from the analysis of the gain and N-gain test. N-gain value is obtained from the pretest and posttest, with an average value of N-gain of 0.67 in the medium category. Students with moderate category value amounted to 11 people with a percentage of 68.75%, with a high category of 5 people with a percentage of 31.25%. The increase of students' interest in learning is with an average interest of 95.70%, while judging by the criteria of assessment of learning interest it can be categorized very well with the criteria 81-100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pendidikan Biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 22 Jul 2021 01:39
Last Modified: 22 Jul 2021 01:39
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3263

Actions (login required)

View Item View Item